Levante tak mau bernasib seperti Villarreal yang sudah kasih guard of honour malah dibantai oleh Barcelona. Tim berlambang kampret itu turut memberikan guard of honour, buat Barca, bedanya mereka menang dan jadi tim pertama yang mengalahkan Barcelona musim ini.

Dengan murah hati Levante memberikan kekalahan pertama bagi Barcelona di musim ini, sekaligus mengubur harapan mereka untuk menjadi juara La Liga tanpa terkalahkan. Baik sekali Levante. Mau mengingatkan klub lain yang mungkin hampir lupa rasanya kalah.

Soalnya kalau dibiarkan terus, bisa lupa diri. Nanti “Blaugrana” kelupaan kalau mereka masih merupakan makhluk bumi. Kekalahan tersebut membuat Barcelona gagal meraih predikat ‘invicible’ di musim ini.

Pada pertandingan pekan ke-37 La Liga yang digelar di Stadion Ciudad de Valencia, Levante mengalahkan Barcelona dengan skor sengit 5-4, tak mau kalah dari skornya Tottenham versus Leicester.

Bahkan Levante sempat tampak superior dan justru malah jadi seperti ‘Barcelona’ ketika unggul 5-1 terlebih dahulu. Andai pertandingan selesai sampai menit ke-56, Barca pasti sudah malu dari ubun-ubun sampai ke jempol kaki.

Biar sudah juara tapi kan malu juga bisa kalah telak dibantai oleh tim papan menengah ke bawah. Apalagi, Barca turun dengan penggawa terbaik meski minus Lionel Messi. Tapi nama-nama macam Luis Suarez, Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Ousmane Dembele, Andres Iniesta, Nelson Semedo, Jordi Alba, dan Marc-Andre ter Stegen ada di starting eleven. 

Barca cuma minus Messi, Samuel Umtiti, dan Gerard Pique saja. Itu juga Pique masuk pada menit ke-31 menggantikan Thomas Vermaelen yang rada ngablu malam itu. Jadi rada susah kalau mau cari alasan. Warga Barca pasti kerepotan mencari tempat bersembunyi.

Pada laga dengan total sembilan gol tersebut, dua orang pemain memborong enam. Adalah Emmanuel Boateng dan Philippe Coutinho yang masing-masing mencetak hattrick untuk timnya.

Tanda-tanda kekalahan Barcelona sudah tampak pada babak pertama ketika Boateng mencetak dua gol pada menit kesembilan dan ke-30 pada babak pertama. Seperti yang terjadi pada umumnya, gol dikatakan sah setelah Boateng mampu membuat bola melewati garis gawang yang dlianjutkan dengan kick-off oleh Barcelona.

Dua gol tersebut dibalas satu kali oleh Coutinho melalui tendangan memanfaatkan bola tektok  badan lawan alias deflection. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Levante 2-1.

Namun selepas rehat babak pertama, Levante kehilangan kontrol dan memborbardir gawang Barcelona dengan tiga gol dalam tempo 10 menit. Enis Bardhi membuka keunggulan Levante pada awal babak kedua melalui sebuah ‘golazo’ dari luar kotak penalti.

Andai tangan kiri Ter Stegen bisa memanjang seperti Luffy di One Piece, mungkin saja bola bisa dijangkau. Tiga menit berselang Boateng melengkapi catatan hattrick-nya yang disusul gol kelima Levante oleh Bardhi di menit ke-56.

https://twitter.com/InverseRM/status/995911254890999808

Barcelona sudah tampak habis-habisan disayuri oleh tim sekelas Levante. Kalau tahu dibantai begitu, lebih baik walk-out sejak awal saja. Jadi kalahnya pun cuma 0-3. Tapi mereka tidak menyerah begitu saja. Mereka kembali mencoba mengejar ketinggalan.

Coutinho mencetak dua gol di menit ke-59 dan 64 untuk membuat skor menjadi 5-3. Barcelona sudah ngarep kombek. Apalagi Luis Suarez kembali memperkecil skor menjadi 5-4 melalui titik putih di menit ke-71.

Levante tentunya ketir juga melihat keunggulan empat gol mereka sudah nyaris disamakan. Namun Barcelona kurang beruntung karena tidak dapat mencetak gol tambahan lagi hingga sisa laga. “El Barca” pun menelan kekalahan pertamanya sekaligus mengingatkan kalau mereka bukan keturunan dewa dari Asgard.

Meski kalah, Valverde enggan mencari alasan bahwa kekalahan tersebut akibat tidak hadirnya Lionel Messi. Lagian yang main siapa, masak yang disalahkan Messi.

“Kami memainkan beberapa laga tanpa Messi sebelumnya dan tetap bisa mengalahkan lawan. Kami memang kesal karena kalah, apalagi ini datang di laga ke-37. Sangat menyakitkan kalah sekarang, tapi kekalahan itu bisa datang pada laga pertama, ketiga, atau 14 sekalipun,” ungkap Valverde dikutip dari Detik.

https://twitter.com/brfootball/status/995784859460231168

Main photo: stadiumastro.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here