Manchester City berhasil meraih kemenangan mudah pada laga lanjutan FA Cup kala menjamu Port Vale di Etihad Stadium. Tim asuhan Pep Guardiola menang dengan skor telak 4-1 dan berhak lolos ke putaran keempat.

Wajar saja bisa menang dengan skor yang begitu banyak. Lawan City ini bisa dibilang hanyalah tim kaleng-kaleng. Datang dari kasta keempat di liga Inggris soalnya. Berada di peringkat ke-10 klasemen Football League Two pula.

Jadi walaupun menang tidak boleh sombong dan petantang-petenteng.

Memang hal ini jadi lagunya Raisa alias Serba Salah buat City. Kalau menang sudah pasti dibilang lawannya mudah. Tapi sebaliknya kalau kalah bahkan akan lebih parah ejekannya. Susah memang jadi tim anak sultan yang isinya pemain-pemain jago semua.

Gol pembuka City di laga itu diciptakan Oleksandr Zinchenko di menit ke-20. Tendangan kerasanya dari luar kotak penalti membentur kaki pemain Vale yang berusaha melakukan menyapu bola. Gagal bersih tapi. Harusnya pakai sapu ijuk dia.

Port Vale sempat menyamakan kedudukan di menit ke-35 melalui sundulan Tom Pope. Gol ini sebenarnya PHP sekali. Sebab lawan mereka adalah City dan pertandingan juga masih menyisakan lebih dari 50 menit.

https://twitter.com/Football__Tweet/status/1213522366577467398?s=20

Benar saja, tiga menit sebelum laga pertama usai City sudah kembali unggul lewat Sergio Aguero. Babak pertama berakhir dengan skor 2-1 untuk keunggulan tim tuan rumah.

City menjauhkan jarak melalui gol Taylor Harwood-Bellis di menit ke-58 yang golnya tercipta secara cukup kocak. Kegebok nampaknya dia tapi tetap dihitung gol.

Phil Foden akhirnya mengunci kemenangan lewat golnya di menit ke-76 usai menyambar umpan silang Angelino yang gaya rambutnya sangat minimalis. Skor akhir 4-1 untuk kemenangan City.

Pep Guardiola menegaskan bahwa mereka tak main-main menghadapi Port Vale. Siapapun yang City hadapi, menurutnya harus dengan kemampuan terbaik.

“Kami tidak memberikan hadiah berupa kesempatan bermain kepada para pemain muda itu. Yang kami lihat, mereka punya kualitas untuk membantu tim,” ujar Guardiola, dikutip Detik.

“Kami lolos ke babak berikutnya setelah bermain bagus di laga tadi. Kami tampil serius di kompetisi ini.”

Main photo: @squawka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here