Mikel Arteta langsung ngegas pada awal-awal masa jabatannya sebagai pelatih baru Arsenal. Meski baru menjabat, tapi wajahnya sudah cukup akrab di Arsenal.

Itulah mengapa, pria yang memiliki hidung di tengah wajah itu langsung bersikap tegas cenderung ngomel-ngomel bak emak-emak kehilangan Tupperware.

Seperti yang diketahui, Arteta resmi menjadi pelatih the Gunners pada akhir pekan lalu. Namun ia tidak langsung memimpin tim saat bertemu Everton pada laga Sabtu kemarin. Posisinya masih diisi pelatih interim, Freddie Ljungberg.

Selain itu, Arteta juga akan menjalani laga pertama dirinya menjadi pelatih kepala sebuah tim. Sebelum ini, Arteta hanya menjabat sebagai asisten Josep Guardiola di Manchester City.

Arteta lalu memimpin sesi latihan Arsenal baru-baru ini. Di Inggris memang tak ada cuti bersama sehari sebelum natal kayak di Indonesia. Khusus kantor-kantor klub bola, mereka tetap berkegiatan seperti biasanya karena akan melakoni laga Boxing Day pada 26 Desember.

Dalam suatu momen di latihan tersebut, ia meminta anak asuhnya untuk melakukan latihan yang berfokus untuk melatih kemampuan operan. Enggak cuma anak SSB saja yang disuruh oper-operan, tapi pemain sekelas Arsenal meski statusnya medioker juga tetap disuruh latihan oper-operan.

Beberapa dari pemain Arsenal dengan patuh mengikuti instruksinya. Namun di tengah-tengah proses, mereka terlihat tak serius dan melakukan trik-trik tertentu alias kebanyakan gaya. Gaya segambreng, prestasi nol.

Jelas saja hal itu membuat Arteta tak senang. Pria asal Spanyol itu kemudian menghentikan sesi latihan Arsenal dan marah-marah.

“Anda tidak melakukan ini di pertandingan, jadi kenapa melakukan itu sekarang?” ucap Arteta, menurut laporan David Ornstein dari the Athletic yang dikutip dari Liputan6.

“Taruh kaki Anda ke tanah, meskipun itu hanya membutuhkan waktu yang cepat dan mainkan operannya,” lanjutnya. Lalu, di sesi yang sama, ia juga meminta Alexandre Lacazette untuk berhenti mencungkil bola.

Amarah Arteta mungkin beralasan. Sebab beberapa waktu lalu, ia pernah menyatakan bahwa dirinya punya keyakinan bahwa Arsenal butuh pembenahan. Dimulai dari latihan yang serius dulu.

“Saya pikir kami memiliki sebuah tim yang sangat bagus dengan banyak hal yang harus dibenahi,” ujar Arteta dalam konferensi pers jelang laga, seperti yang dikutip dari Express.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here