Kepastian kursi kepelatihan timnas Indonesia akhirnya jatuh ke tangan Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu dikontrak selama empat tahun. PSSI secara khusus mengaku akan berusaha mengabulkan semua permintaaan Shin, termasuk untuk belajar bahasa negara +62 yang unik ini, Indonesia.

Sebelumnya nama Shin bersanding dengan mantan pelatih timnas, Luis Milla, sebagai kandidat untuk menduduki kursi pelatih kepada timnas negara +62.

Pada akhirnya mantan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu menjadi pilihan PSSI untuk menjadi juru taktik baru timnas Garuda.

Nilai kontrak Shin sendiri tidak dibeberkan secara pasti oleh PSSI. Namun disebut-sebut bahwa Shin menerima bayaran sekitar 1 juta USD setiap tahunnya. Lumayan sebenarnya gaji sebesar itu. Sangat cukup kalau mau Senoparty tiap minggu. Asal jangan menabrak apotek saja.

Selain itu Shin juga bakal difasilitasi penuh segala kebutuhannya oleh PSSI, termasuk untuk belajar bahasa Indonesia.

Untuk hal yang satu ini PSSI memang meminta agar Shin mampu berbahasa Indonesia. Namanya sepak bola, komunikasi adalah salah satu hal yang paling penting. Kalau pelatihnya saja tidak bisa menjelaskan apa yang dimau, bisa-bisa para pemain pada ambyar di lapangan.

Kalau pemainnya BTS Army semua, mungkin tidak perlu belajar bahasa Indonesia juga sudah mengerti.

“Apa yang diminta Shin akan saya kasih. Seperti dia akan belajar bahasa Indonesia secepatnya. Saya akan berikan guru les paling bagus,” ujar pelatih PSSI, Mochammad Iriawan, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

“Saya minta dia segera beradaptasi, sehingga bicara ke publik, pemain, [staf] pelatih jadi lebih cepat. Walaupun dengan bahasa [sepak] bola bisa dimengerti,” ucap Iwan Bule melanjutkan.

Mendapat jaminan akan kebutuhannya, Shin sendiri langsung ditunggu sejumlah tugas berat.

Ia akan mendampingi Timnas Indonesia untuk tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2020. Timnas menyisakan tiga pertandingan lagi di babak grup G, yakni menghadapi melawan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam

Setelah bekerja di Kualifikasi Piala Dunia 2022 itu, Tae-yong diminta untuk menyiapkan Timnas Indonesia ke Piala AFF 2020.

https://twitter.com/indra_sjafri/status/1211231517885661184?s=20

Main photo: @PSSI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here