Ada-ada saja tingkah laku Joel Veltman. Pemain Ajax Amsterdam itu melakukan aksi tak sportif yang menipu rekan sekaligus lawannya. Namun, ketika dikritik, dia cuma menganggapnya sebagai guyonan.

Aksi tersebut bermula ketika Ajax bertemu Sparta Rotterdam pekan kemarin. Pada menit ke-50, rekan setimnya, Bertrand Traore, tergeletak setelah bertabrakan dengan salah satu pemain Sparta yang tak mau disebutkan namanya.

Wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran dan pertandingan tetap dilanjutkan. Bola kemudian berada di kaki Veltman dan seperti biasa, jika ada pemain terkapar biasanya pertandingan dihentikan sendiri oleh para pemain.

Veltman pun melakukan hal serupa, dia memberikan kode agar pemain Sparta, Ivan Calero, tidak mengejarnya sambil menunjuk ke arah Traore yang masih saja tergeletak. Dia kasih isyarat agar pertandingan dihentikan sejenak.

Namun, Veltman yang lancar berbahasa Belanda itu malah kembali melanjutkan permainan setelah Calero menoleh ke belakang. Calero pun tertipu, untung saja tidak sampai ada kru acara “Kena Deh” pimpinannya Pandji Pragiwaksono.

Pemain berusia 25 tahun itu pun langsung menggiring bola sebelum melepaskan umpan ke kotak penalti. Beruntung, para pemain Sparta yang lagi rada bete itu cepat mengantisipasinya.

Menanggapi hal ini, seperti biasa ramailah media sosial. Banyak yang kesal dengan perilaku Veltman yang sudah di lapangan masih saja membohongi orang. Apalagi kalau sudah berkeluarga, pasti sering membohongi istrinya sendiri.

Pelatih Ajax, Peter Bosz, melihat aksi itu bukan sesuatu yang perlu dipermasalahkan. Dia menganggap wasit masih memberikan celah agar pertandingan diteruskan.

“Saat wasit tidak meniupkan peluitnya atau ketika bola tersebut tidak ditembak di area garis penalt, saya pikir itu bukanlah masalah,” ujar Bosz dikutip Metro dan dikutip lagi dari Panditfootball.

Sementara itu, pelatih Sparta, Alex Pastoor, langsung nyinyir atas aksi tipu-tipu Veltman itu. “Anda mau tahu pendapat saya? Itu merupakan tindakan sportif, kami pun tertipu,” ujar Pastoor, KZL.

Lucunya, Veltman menganggap hal ini hanyalah sebuah trik. Bahkan dia ingin aksinya itu jadi bahan candaan, tak perlu dibesar-besarkan, apalagi sampai masuk acara Mata Najwa.

Mungkin dia ingin mempraktekkan aksi Joker di film Batman The Darknight yang khas dengan celetukannya, “Why So Serious?

“Itu adalah sebuah trik. Saya melihat Bertrand tergeletak dan saya pikir bisa menggunakannya. Kemudian saya berpura-pura dan hal itu datang begitu saja, tak perlu dibesar-besarkan,” kata Veltman.

Lebih lanjut, pemain yang katanya lagi diincar banyak klub itu menambahkan, “Ayolah, lebih baik Anda tertawa daripada melihat hal itu jadi masalah. Saya juga berjanji tak akan melakukannya lagi karena ternyata hal itu tidak bisa diterima dengan baik.”

Main photo credit: Sky Sports

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here