Usai sudah perjalanan Interstellar 490 hari Niko Kovac bergandengan tangan dengan Bayern Munchen. Pelatih yang juga mantan pemain Bayern itu terkena PHK setelah hasil buruk yang diterima “Die Rotten” akhir pekan lalu.

Laga pekan kesepuluh Bundesliga memang sedikit mengejutkan bagi Bayern. Bertandang ke Commerbank-Arena, Bayern yang bermain dengan 10 orang sejak menit kesembilan, dicukur botak licin oleh tuan rumah dengan skor telak 1-5. Benar-benar hasil yang kocak untuk tim sekelas Bayern.

Ternyata kekalahan memalukan itu menjadi puncak kesabaran manajemen Bayern yang akhirnya langsung melakukan PHK kepada Kovac. Selamat berkutat kembali dengan Jobstreet tentunya.

Situasi tersebut jelas saja terasa sedikit ironi, sebab justru mantan tim Kovac yang membuatnya kehilangan pekerjaan. Seperti diketahui bahwa sebelum melatih Bayern, Kovac merupakan pelatih dari Eintracht Frankfurt selama dua musim.

Catatan Kovac di musim ini bersama Bayern sebenarnya tidak terlalu buruk-buruk amat. Dari 10 pertandingan, mereka meraih lima kemenangan, tiga hasil imbang, serta dua kekalahan.

Bayern juga masih berada di empat besar dengan selisih empat poin dari puncak klasemen. Tapi untuk tim sekelas Bayern, hal tersebut sepertinya tidak bisa dimaklumi. Beda dengan tim-tim Inggris berjuluk meriam atau setan yang sudah tabiatnya pelatih jelek ditahan-tahan.

Tim yang entah dalam berapa musim terakhir auto-juara Bundesliga itu akhirnya memutuskan untuk mengakhiri perjalanannya dengan Kovac.

“Performa tim kami dalam beberapa pekan terakhir dan hasil yang diterima menunjukkan butuh ada aksi untuk dilakukan,” ucap CEO Bayern, Karl-Heinz Rummenigge, dikutip dari Detik.   

“Uli Hoeness (presiden klub), Hasan Salihamidzic (sporting director), dan saya sudah melakukan pembicaraan terbuka dengan Niko terkait hal ini pada hari Minggu yang kemudian disepakati bersama bahka Niko tak lagi menjadi pelatih FC Bayern,” lanjut Rummenigge.

Selama 490 hari menangani Bayern, Kovac telah mempersembahkan treble winner domestik untuk Bayern dengan memenangi Bundesliga, DFB Pokal dan DFL Supercup.

Rekornya selama 16 bulan di Allianz Arena adalah 65 main, 45 menang, 12 imbang, dan delapan kali kalah.

Untuk sementara posisi pelatih akan diduduki oleh asisten Kovac, Hans Flick. Namun beberapa nama sebenarnya sedang menunggu juga panggilan interview. Jose Mourinho atau Arsene Wenger langsung dikaitkan dengan Bayern.

Namun tim juara bertahan Bundesliga itu justru disebut sedang mencoba untuk mendekati Massimilliano Allegri.

https://twitter.com/FutbolBible/status/1191086834039894018?s=20

Main photo: @fcbayernen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here