Prancis kurang meraih hasil maksimal pada laga coba-coba terakhirnya melawan Amerika Serikat (AS). Tim Ayam Jantan dari barat menyaingi Sultan Hasanuddin itu cuma bisa main remis 1-1 lawan AS.

Prancis sebenarnya menguasai laga karena memang secara kualitas sepak bola, mereka jauh di atas AS yang katanya negara Super Power. Beberapa peluang tercipta tapi tak ada yang kena.

Prancis sempat mendapat peluang lumayan kena dari Paul Pogba saat laga berjalan empat menitan. Tendangan jebret dari luar kotak penalti masih bisa ditepis tiang gawang yang diam saja sejak awal pertandingan.

Kemudian berturut-turut Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan Olivier Giroud membombardir gawang AS. Namun tendangannya pada nyasar ke mana-mana. Ada yang sampai mengganggu penerbangan domestik, ada yang buang samping macam Kopaja dan Metromini ibukota.

Nahas, malah AS yang mampu mencolong gol lebih dulu. Jelang lebaran, memang tindak kriminal meningkat. Pencurian di mana-mana, termasuk curi-curi gol dalam kesempitan.

AS cuma sekalinya menyerang lewat samping, tapi bisa langsung gol gara-gara Djibril Sidibe gagal mengantisipasi bola dengan sempurna dari Shaq Moore. Kemudian bola tanggung tersebut langsung disikat oleh Julian Green.

Green yang namanya hijau tak berarti kulitnya berwarna hijau. Dalam posisi yang sulit, dia mampu menembakkan bola, melewati sela-sela kaki Sidibe yang tak sedang memakai sarung serta sela-sela tangan kiper Hugo Lloris dan tiang. Tak ada yang menyangka itu menjadi gol.

Baru lah pada menit ke-78, “Les Blues” menyamakan kedudukan. Umpan datar macam suaranya Awkarin dari Benjamin Pavard mampu disepak dengan pelan oleh Mbappe. Meski pelan, kiper Zack Steffen tak mampu menghalaunya.

Skor 1-1 menghiasi papan skor hingga akhir. Kedua tim lebih memilih remis daripada ada yang kalah salah satu. Meski seri, pelatih Didier Deschamps menyambut baik hasil tersebut. Hasil seri begitu akibat kelelahan para pemain yang bermain sampai tiga kali di laga coba-coba jelang Piala Dunia.

“Kami kehilangan tenaga setelah melakoni beberapa laga. Para pemain memang harus lebih tenang. Namun, Saya senang. Walau ini bukanlah tiga pertandingan terbaik kami tetapi saya tidak akan keluhkan kesusahan kami,” kata Deschamps, dikutip dari Kompas. 

Main photo: @equipedefrance 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here