Ada yang beda pada laga Hertha Berlin melawan Werder Bremen pekan lalu. Bukan sepatu pemainnya yang baru, atau cukuran jenggot salah satu pemain Bremen, tetapi wasit yang memimpin pada laga itu.

Biasanya wasit yang memimpin pertandingan di Bundesliga adalah seorang pria. Tapi kali ini tampak sesosok wanita berambut kuncir dan berparas lumayan enak dilihat. Ya, pertandingan itu dipimpin oleh wasit berkelamin wanita.

Kok bisa? Ya bisa saja selama ada kemauan dan niat. Nyatanya, wanita bernama Bibiana Steinhaus melakoni kepemimpinan pertamanya di kasta tertinggi sepak bola Jerman. Sekaligus wasit pertama di Bundesliga.

Bibiana tampil cukup menjanjikan dalam memimpin laga tersebut. Dia tampak lugas dan tegas, tidak lemas gara-gara tidak minum Marimas.

Dalam laga tersebut tercatat dia meniup peluit pelanggaran 21 kali. Cukup satu kartu kuning yang diberikan kepada Per Skjelbred, pemain Hertha. Tidak tahu kalau nomor telepon, apakah ada yang diberikan kontak What’s App atau ID Line-nya atau tidak.

Yang jelas, kepemimpinannya itu dipuji banyak pihak. Wajar, wanita berusia 38 tahun itu memang berprofesi sebagai polisi alias polwan (polisi wanita).

“Dia pantas mendapatkan apresiasi lewat kepemimpinannya yang hebat,” kata Alexander Nouri, pelatih Werder.

Bibiana ini dulunya berambut pendek. Tapi namanya rambut pasti tumbuh. Begitu juga dengan bulu-bulu lain di tubuh kita.

Meski sudah mulai masuk wanita paruh baya, tapi pesonanya tetap tak luntur. Sesekali dia tampak kece meski kecantikannya masih kalah jauh dari Raisa dan Raline Shah.

Sebelum berkiprah menjadi wasit, dia sempat jadi pemain bola yang bermain bersama SV Bad Lauterberg. Semacam klub tarkam di Jerman yang Wikipedianya saja tak ada. Barulah berikutnya dia bekerja sebagai polisi.

Berhubung dia wasit wanita yang lumayan kece, maka wajar kalau ada gosip-gosip di kalangan perwasitan. Pada Oktober tahun lalu, dia dikabarkan menjalin hubungan dengan Howard Webb, wasit terkenal asal Inggris. Enak juga, bisa saling semprit.

bibiana-steinhaus-bundesliga-referee-dfb
Bibiana pas masih rambutnya pendek. (Source: Dutch Referee Blog)

Sebelum berdebut di Bundesliga, Bibiana sudah pernah memimpin laga divisi dua. Dia juga pernah memimpin laga Bayern Munich di DFB Pokal pada Agustus lalu saat menumbangkan Chemnitzer 5-0.

Bibiana sejatinya sudah memimpin pertandingan resmi Jerman sejak 1999. Dia juga dipercaya FIFA jadi salah satu wasit Piala Dunia Wanita U-20, Piala Eropa Wanita 2009, dan Piala Dunia Wanita 2011, serta tahun ini di final Liga Champions wanita. Namun, baru sekarang dia dipercaya sebagai wasit di Bundesliga.

“Saya gembira. Bagi saya sama saja jika pria atau wanita yang menjadi wasit. Yang terpenting adalah mereka melakukan pekerjaan dengan baik,” kata pelatih Hoffenheim, Julian Nagelsmann, yang ikut nimbrung mengomentari.

Main photo: @WomeninFootball

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here