Fiorentina resmi mendapatkan legenda hidup Bayern Munchen, Franck Ribery. Pemain asal Prancis itu didatangkan secara gratis setelah dilepas Bayern di akhir musim yang lalu.

Musim lalu Bayern kehilangan dua legenda mereka sekaligus yaitu Ribery dan Arjen Robben. Kedua pemain ini memutuskan untuk mengakhiri kebersamaan bersama Bayern setelah kontraknya habis.

Selama masih bermain, kedua pemain ini memang dikenal sebagai winger-winger mematikan. Ribery dan Robben dikenal sebagai duo RX King karena kecepatan berlari mereka di atas lapangan.

Ngebut sekali kalau sudah menggiring bola. Untung keahlian tersebut tidak digunakan untuk hal-hal negatif macam merampok di jalanan sekitar terminal di kota Munchen sana.

Ribery membukukan dari 425 laga bersama Die Roten dengan jumlah 124 gol. Ia pun turut mempersembahkan 9 gelar Bundesliga dan sekali Liga Champions.

Tapi ternyata meski memutuskan untuk berpisah dari Bayern, Ribery belum benar-benar gantung sepatu dari dunia sepak bola. Mungkin sempat berstatus sebagai bajigur a.k.a b*jingan nganggur, Ribery kini sudah mendapat pekerjaan baru.

Setelah sang RX King sukses ‘menguasai’ Bundesliga kurang lebih selama satu dekade terakhir, kini ia melakukan touring ke Serie A. Fiorentina jadi pelabuhan Ribery selanjutnya di Italia.

Ribery disebut menandatangani kontrak selama dua tahun dengan nilai empat juta euro setiap tahun, ditambah dengan bonus-bonus. Entah bonus apa. Paling-paling cashback seperti yang sekarang sedang ngetren.

Kepindahan Ribery ke Fiorentina tak terlepas dari peran mantan rekan setimnya ketika di Bayern yaitu Luca Toni.

“Saya sudah berbicara dengan Fiorentina sepekan, dengan [Luca] Toni juga dan dia bilang bahwa Fiorentina adalah klub yang hebat dan kotanya indah,” kata Ribery dikutip dari Detik.

Sebelum Ribery, Fiorentina terlebih dahulu telah mendatangkan Kevin-Prince Boateng. Hal ini membuat lini serang Fiorentina makin berwarna. Tapi pada sisi lain, posisi Federico Chiesa justru menjadi terancam.

“Saya berpikir Chiesa sebagai striker tengah, tapi saya belum benar-benar mencobanya,” kata pelatih Fiorentina, Vincenzo Montella.

“Dia adalah pemain yang sangat menarik dan dalam pandanganku membutuhkan lebih banyak ruang di kotak penalti daripada hanya sebagai winger,” Montella menegaskan.

Main photo: @acffiorentina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here