Pengundian grup untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia babak kedua telah selesai dilakukan. Indonesia sendiri berada di grup yang bisa jadi inisial Garuda alias G dan tergabung dengan beberapa tim kuat.

Proses pengundian sendiri dilakukan di markas AFC di Kuala Lumpur pada hari Rabu (17/7) yang lalu. Sebanyak 40 kontenstan dibagi dalam lima pot yang diurutkan berdasarkan ranking FIFA.

Namanya juga kualifikasi zona Asia, tentu tim-timnya juga merupakan negara-negara Asia. Kalau kualifikasi zona nyaman mungkin yang bergabung adalah tim-tim woyo uye yaman. Hanya ada Australia saja yang kembali nebeng di babak kualifikasi zona Asia.

Dari 40 kontestan tersebut, kemudian dibagi lagi ke dalam delapan grup. Indonesia akhirnya tergabung pada Grup G dan bertemu dengan wajah-wajah lagu lama kaset baru.

Sebab dari empat kontestan, tiga di antaranya merupakan timnas dari para tetangga kita, yakni negara-negara di Asia Tenggara. Selain Uni Emirat Arab, Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam, Thailand, dan negara asal Upin-Ipin, Malaysia.

Babak kualifikasi akan dilakukan mulai 5 September 2019 mendatang hingga 9 Juni 2020. Para juara grup akan lolos otomatis ke kualifikasi babak ketiga bersama dengan empat runner-up terbaik.

Tidak ada wildcard macam ajang Indonesian Idol kali ini. Jadi selain ke-12 tim tersebut, dipastikan sisanya hanya akan menjadi penonton saja. Sebanyak 12 tim yang lolos otomatis juga langsung masuk dalam Piala Asia 2023.

Indonesia sendiri nantinya langsung menghadapi lawan yang merupakan rival lama, Malaysia, pada laga perdana. Pelatih timnas yang punya wajah cukup tampan simetris itu berharap Indonesia meraih hasil positif di laga pertama.

“Mudah-mudahan kita bisa dapatkan hasil postif,” kata pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, seperti dilansir Liputan6.

Indonesia nantinya akan menjadi tuan rumah pada dua pertandingan pertama. Pada laga kedua, Indonesia akan menjamu Thailand. Stadion GBK terpilih menjadi kandang Indonesia dalam menjalani laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sejauh ini, Indonesia sudah menjalani tiga laga uji coba di bawah asuhan Simon McMenemy. Dua kemenangan diraih atas Myanmar dengan skor 2-0, serta hasil 6-0 melawan Vanuatu. Sementara itu Timnas Garuda takluk dari Yordania dengan skor telak 1-4.

https://twitter.com/panditfootball/status/1151450463281340417

Main photo: sumber.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here