Barcelona baru saja merilis laporan tahunan mereka untuk musim 2018/2019. Diketahui bahwa “Blaugrana” belum melunasi pembayaran pada pembelian Coutinho dari Liverpool yang bernilai hingga puluhan juta euro.

Pada era modern ini, sepak bola telah menjelma menjadi sebuah industri dengan perputaran uang yang membuat jiwa-jiwa sobat misqueen pasti menjerit membayangkannya.

Membeli pemain dengan harga puluhan hingga ratusan juta euro pun tampak sebagai hal yang normal. Tapi ternyata, semua yang terlihat di permukaan tak seindah di belakang layar. Seperti yang saat ini terjadi pada Barcelona.

Saat mendatangkan Coutinho, Barcelona dengan berani mengeluarkan dana hingga 160 juta euro untuk pemain yang terkenal sebagai jagoan tendangan placing ke ujung gawang tersebut dari Liverpool.

Pembelian itu sekaligus memecahkan rekor pembelian termahal Barcelona sepanjang sejarah. Tapi di balik pembelian itu, Barcelona melakuka pembayaran dengan cara kredit alias dicicil dalam dua tahap.

Seperti dilansir dari Detik, Barcelona masih memiliki utang sebesar 94,6 juta euro untuk transfer tersebut. Rinciannya adalah 27,9 juta euro jatuh tempo dalam jangka pendek, sementara 66,7 juta euro merupakan pembayaran jangka panjang.

Coutinho sendiri ternyata tampil kocak dan tidak seperti yang diharapkan. Pemain asal Brasil akhirnya dipinjamkan selama semusim ke Bayern Munchen.

Jika ditotal, bahkan Barcelona punya utang sebesar 260,7 juta euro kepada klub lain terkait transfer pemain.

Beberapa diantaranya adalah kepada Bordeaux sebesar 30,3 juta euro untuk Malcom, 28 juta euro kepada Gremio untuk Arthur Melo, 10,9 juta euro kepada Bayern untuk Arturo Vidal, 31,4 juta euro kepada Valencia untuk Neto, dan 48,6 juta euro kepada Ajax untuk Frenkie de Jong.

Benar-benar jadi setan kredit mereka. Inilah yang terjadi kalau terus menerapkan prinsip “kalau ngga kredit, ngga punya”. Belanja sana-sini macam anak sultan, pada akhirnya nanti jadi kelabakan kalau tidak bisa membayar.

Hati-hati saja kalau tidak bisa bayar para pemain tersebut. Nanti takutnya Barcelona ini sudah diincar oleh para penagih hutang yang sering nongkrong dengan handphone communicator di pinggir jalan yang macet.

Kalau tiba-tiba Barcelona sedang lewat dan ketahuan, bisa-bisa pemainnya langsung disita.

Tapi utang tersebut nampaknya masih bisa dibayarkan Barcelona yang juga memiliki banyak piutang dari penjualan para pemainnya.

Seperti dari Everton sebesar 26 juta euro untuk pembelian Yerry Mina, Lucas Digne, dan Andre Gomes. Borussia Dortmund juga berutang 11,01 juta euro untuk Paco Alcacer. Sementara Valencia belum membayar 13,9 juta euro untuk transfer Jasper Cillessen.

https://twitter.com/FCBayernUS/status/1180996157872324608

Main photo: bleacherreport.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here