Langkah berani diambil Paris Saint-Germain baru-baru ini. Klub asal Paris itu melakukan gebrakan dengan menggabungkan sepak bola dan basket. Namun bukan menciptakan olahraga baru, melainkan kerja sama antara “Les Parisiens” dengan brand ternama yang identik dengan basket yaitu Air Jordan.

Anak perusahaan Nike yang merupakan kerja sama dengan pemain basket Michael Jordan itu baru saja menandatangi kontrak dengan PSG. Namun logo bergambar orang melompat meski tidak dikagetkan sampai teriak ‘ayam..ayam’ itu, hanya akan muncul di jersey PSG saat memainkan laga di level Eropa.

Jadi setiap PSG berlaga di kompetisi Eropa, maka bukan lambang Nike yang ada di dada kiri para pemain, melainkan gambar ‘Jumpman’. Logo Jumpman ini bukan logo sembarang logo bergambar orang melompat.

Ini merupakan logo yang diambil dari aksi Michael Jordan saat melakukan ‘dunk’ yang sering dilakukannya saat masih berkarier di NBA. Apalagi si Jordan juga dikenal dengan menjulurkan lidahnya saat lagi nge-dunk, dong nombok dong nombok dong” macam lagu lawasnya Iwa K.

Logo ini juga yang membuat nama Jordan melejit tak hanya sebagai seorang pebasket, namun juga identik dengan brand.

“Merek Jordan dan Paris St-Germain punya posisi yang kuat di masing-masing bidangnya, olahraga dan gaya hidup. Jadi wajar jika kami bekerja sama,” ujar Jordan seperti dikutip dari Detik.

Kabar ini jelas cukup mengejutkan karena menjadi yang pertama di dunia sepak bola. Belum ada sebelumnya brand basket yang berani menjadi sponsor sebuah klub bola. Seperti diketahui, memang selama ini Adidas dan Nike yang merajai pasar dengan menjadi supplier klub-klub besar Eropa.

Tiba-tiba sesosok brand basket dengan berani ingin mendobrak pasar. Apabila berhasil, bukan tidak mungkin Air Jordan terus melebarkan sayapnya dengan menjadi sponsor untuk olahraga lain macam catur.

PSG menjadi klub sepak bola pertama yang didukung oleh Jordan meskipun sebelumnya brand asal Amerika itu identik beberapa olahraga lain. Selain basket, Jordan juga dikenal identik dengan olahraga macam bisbol, hoki, dan american football.

https://twitter.com/PSG_English/status/1041025238606274560

Selain jersey yang akan digunakan PSG di Liga Champions, Jordan juga menyuplai beberapa produk pendukung. Beberapa di antaranya adalah jaket, sweater, baju basket, dan juga sepatu sepak bola. Untuk celana dalam, kaos kutang, ataupun sisir pomade dipastikan tidak.

Kerja sama dapat terjadi sebab di kubu “Les Parisiens” terdapat dua pemain yang menjadi brand ambassador dari Jordan yaitu Neymar dan Kylian Mbappe. Selain kariernya yang sedang menanjak macam jalanan ke puncak, bahkan untuk Neymar sudah mempunyai merk sendiri.

Brand pemain asal Brasil tesrebut bernama NJR yang merupakan singkatan Neymar Junior. Tidak ada hubungannya dengan Coboy Junior.

“Bagi saya, brand Jordan itu berarti fenomenal, ajaib, dan tidak ada duanya. Ini sangat sempurna untuk Paris dan Liga Champions. Tanggung jawab besar membawa nama Jordan di jersey dan kami tak sabar menjalani musim yang luar biasa ini,” tutur Neymar.

“Dua partner ini semuanya adalah juara, baik Paris dan Jordan. Semoga saja kerjasama ini membawa banyak titel untuk kami,” sambungnya.

Jersey PSG bersama Jordan akan tampil perdana pada laga PSG kontra Liverpool di liga Champions yang akan berlangsung di Anfield. Nilai kontrak dan jangka waktu kerja sama keduanya sendiri tidak dijelaskan lebih lanjut. Untuk kontrak bersama Nike, presiden PSG berharap keduanya dapat berharap yang terbaik.

“Sedang ada pembicaraan ke arah sana, kita lihat saja. Kami berharap cerita ini (kerjasama Nike dan PSG) tetap berlanjut,” tutur Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi, soal kemungkinan kontrak baru dengan Nike.

https://twitter.com/Sporf/status/1040924478753124352

Main photo: foxsports.ph

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here