Perusahaan pengembang permainan digital Konami mengumumkan kerja sama mereka dengan Manchester United. Konami akan mendapat lisensi resmi dari “Setan Merah” pada gim terbaru mereka yaitu PES 2020 yang sepertinya susah dicari bajakannya.

Para ‘tim’ PES yang juga penggemar MU sudah pasti akan senang dengan kabar ini. Sebab pada edisi-edisi sebelumnya, seperti kita ketahui tidak ada yang namanya klub Manchester United di PES a.k.a Pro Evolution Soccer.

Pada PES keluaran lama, nama MU tertulis sebagai Man Red. Padahal seperti kita tahu, mengutip dari pernyataan Rodri, bahwa Manchester saja sudah semakin ‘blue’.

Bahkan Old Trafford juga tidak muncul pada versi sebelumnya kecuali diakali dengan mengunduh patch tambahan dari dunia maya.

Namun dengan adanya lisensi ini, para pengguna akan mendapati nama Manchester United pada PES 2020. Konami juga memiliki akses untuk memindai desain dan bagian Old Trafford secara menyeluruh untuk nantinya.

Masalah lisensi memang menjadi tantangan bagi PES dalam persaingan dengan gim keluaran EA yaitu FIFA. Menyandang nama organisasi sepak bola dunia, gim FIFA lebih mudah mendapatkan lisensi dari bermacam klub.

https://twitter.com/officialpes/status/1146826406183260161

Meski demikian PES juga memiliki banyak penggemar setia karena keunggulan pada grafis serta kontrol permainan yang lebih sederhana. Tapi perlu diingat, bahwa dengan diberikannya lisensi klub kepada Konami, tentu tak serta merta membuat MU jadi jago luar biasa di PES.

Kalau pakai MU lalu kalah, ya memang skill yang main saja yang kurang. Jika sudah seperti itu, bisa kembali digunakan berbagai macam template kalah macam “stick-nya ngga enak” atau alasan-alasan tak masuk akal lainnya macam ‘diajak ngobrol’ dan sebagainya.

Scott McTominay dikabarkan akan menjadi brand ambassador PES dari pihak Manchester United.

“Ini benar-benar suatu kehormatan bagi saya, dan saya sangat senang mendapatkan kemitraan yang sedang berjalan. Saya sudah sering bermain game dan gambarnya terlihat sangat menakjubkan,” ujar McTominay dikutip dari Liputan6.

PES 2020 nantinya juga akan mengenakan judul baru di depannya menjadi eFootball: PES. Hal ini dilakukan untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Seperti diketahui bahwa kata sepak bola di Eropa menggunakan football bukan soccer.

“Berbicara tentang Pro Evolution Soccer – di Eropa, itu selalu rumit, dan ketika kami membahas posisi ini, kami pikir, sebut saja football,” ujar manajer pemasaran PES untuk Eropa, Lennart Bobzien, dikutip dari Gamespot.

“Ini pasar Eropa [jadi] kami menggunakan football. Kami masih menyimpan PES di dalamnya nama produk karena kami merasa itu masih bagian dari warisan dan kami ingin menyimpannya di sana. Oleh karena itu, kombinasi akan menjadi eFootball: PES.”

PES 2020 nantinya bisa digunakan pada PS4, Xbox, serta PC. Jadi bagi kalian para pengguna PS1 atau Nintendo yang pakai kaset kotak jangan berharap banyak bisa memainkan gim tersebut pada konsol permainan kalian.

Belum diketahui secara pasti kapan tanggal rilis resmi PES 2020 dari Konami. Diperkirakan PES 2020 akan dirilis pada bulan September 2020.

Main photo: @manunited_eng_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here