Pada era digital ini, Youtube jadi salah satu tempat untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Tak terkecuali bagi klub sepak bola. Baru-baru ini livefootballtickets.com mengeluarkan hasil perhitungan mereka terkait pemasukan terbanyak dari akun-akun sepak bola dunia.

Sebuah akun Youtube memang bisa mengahasilkan pemasukan yang cukup besar. Lihat saja Atta Halilintar dengan ke-ahsiap-annya yang membuat dirinya kaya raya.

Hal tersebut juga dimanfaatkan oleh klub-klub raksasa dunia yang jelas sudah punya nama. Bedanya klub-klub tersebut tidak menyuruh para pemainnya untuk berdandan sebagai gembel lalu pura-pura masuk ke tempat makan macam si Ahsiap.

Walaupun tidak banyak, tapi tentu saja lumayan juga kalau mendapatkan pemasukan dari hasil pengelolaan akun tersebut.

Dilansir dari Detik, situs  livefootballtickets.com mengumpulkan data yang dianalisis, lalu menghasilkan hitung-hitungan terkait pendapatan akun-akun sepak bola tersebut.

Peringkat pertama memang bukan merupakan akun yang dikelola sebuah klub sepak bola. Saat ini Sky Sports Football berada di puncak klasemen sementara dengan total pendapatan sekitar 1.060.192 dolar per bulan.

Lumayan juga buat beli cakwe. Bisa kasih makan penduduk satu kecamatan selama sebulan penuh.

Hasil itu didapat Sky Sports Football berkat raihan 1,5 juta subscriber. Sky Sports Football diikuti F2 Freestylers di peringkat kedua dengan pemasukan sekitar 700 ribu dollar per bulan.

Untuk akun klub bola, Liverpool menjadi juaranya dari lima klub yang masuk dalam 10 besar pemasukan terbanyak per bulan. Berada di peringkat ketiga, Liverpool mengungguli sejumlah klub lain seperti Barcelona di peringkat kelima, Manchester City (6), Chelsea (7), dan Arsenal (8).

Liverpool sendiri memiliki subscriber sebanyak 3,1 juta dan menghasilkan 663.940 dolar atau sekitar Rp 9,3 miliar di tiap bulan.

Barcelona menjadi klub kedua dengan pendapatan terbesar. Jawara La Liga itu selama satu bulan mendapatkan cuan sebesar 415.552 dolar AS atau sekitar Rp 5,8 miliar.

Manchester City di peringkat selanjutnya dengan pendapatan 222.689 dolar AS (Rp 3,1 miliar), Chelsea dengan 186.146 dolar AS (Rp 2,6 miliar), dan Arsenal dengan 169.317 dolar AS (Rp 2,3 miliar).

Sayangnya, Budi Setiawan yang berhasil mendapatkan 1.000 dolar sehari tanpa meninggalkan rumah ternyata masih kalah dari klub-klub tersebut. Padahal dia sudah bekerja enak sekali, hanya di depan layar laptop.

Lumayan lah setidaknya klub-klub selain dari pemasukan sponsor, hak siar, dan tiket, mereka kini dapat penghasilan tambahan dari Youtube. Mungkin besok-besok klub-klub Eropa bisa memperkaya kontennya dengan konten-konten prank, unboxing, atau cobain makan-makanan pedas.

Mantub bingits, gan!

Main photo: Youtube.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here