Miroslav Klose akhirnya resmi gantung sepatu. Bukan karena sepatunya basah karena kebanjiran, tetapi memang pria berusia 38 tahun itu memilih mengakhiri hidupnya, sebagai pesepak bola.

Klose memang sempat jadi pengangguran setelah kontraknya tak diperpanjang Lazio musim lalu. Teganya, Lazio. Pemain pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Piala Dunia itu sempat digosipkan bermain di Major League Soccer (MLS) dan kembali ke Kaiserslautern.

Namun, lama nasibnya terkatung-katung, dia akhirnya memilih untuk pensiun saja. Klose kini resmi tergabung dalam himpunan pensiunan. Pensiunan sepak bola Jerman tentunya.

Klose selanjutnya akan bekerja sebagai salah satu staf pelatih di tim nasional Jerman. Mantan pemain Bayern Muenchen itu sepertinya kangen dengan suasana di tim “Der Panzer“. Mungkin kangen dengan bubur ayam yang sering mangkal di depan Olympiastadion, Berlin.

Klose sebenarnya bisa saja menikmati masa tuanya sambil menimang-nimang cucu, berfoya-foya memakai uang pensiun, investasi tanah dan kos-kosan, sampai memilih tinggal di Yogyakarta untuk menikmati kopi jos.

Tapi, pria berdarah Polandia itu lebih memilih melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Klose rupanya senang dengan taktik-taktik ribet di sepak bola.

“Saya menikmati kesuksesan besar di timnas, sebuah masa yang tidak terlupakan bagi saya. Itulah mengapa saya senang bisa kembali ke timnas. Selama beberapa bulan terakhir, saya berpikir untuk menjadi pelatih. Semasa masih bermain, saya menikmati taktik dan senang membaca pertandingan,” ujarnya dikutip dari Goal.

Klose mengakhiri kariernya dengan segudang prestasi. Prestasinya di level klub sebenarnya tidak bagus-bagus amat. Dia cuma pernah cetak dua gelar Bundesliga, dua gelar DFB Pokal, dan satu Piala Italia.

Namun, kiprahnya di timnas sangat sukses. Melebihi kesuksesan Nadiem Makarim sebagai CEO Gojek. Dia selalu jadi langganan striker timnas dengan 137 penampilan dan 71 gol, menjadikannya pemain kedua yang paling banyak punya caps di Jerman setelah Lothar Matthaeus.

Klose juga sukses meraih satu gelar Piala Dunia dan menjadi pencetak gol terbanyak Piala Dunia. Dia menjadi pemain ketiga yang mampu mencetak gol di empat edisi Piala Dunia. Dua pemain lainnya silakan cari sendiri di Google.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here