Bagi timnas yang berlaga di Piala Dunia 2018, persiapan matang harus dilakukan. Untuk yang tidak ikut Piala Dunia ya tidak perlu. Mata seluruh dunia akan tertuju ke perhelatan terbesar dunia sepak bola itu. Kalau Matta Band tertuju kepada Jambu alias Janji Busuk.

Tidak hanya teknik, mental baja tentu diperlukan agar bisa tampil baik dan mengharumkan nama bangsa. Namun tak semua tim memiliki pemain dengan kualitas teknik dan determinasi yang tinggi. Apalagi jika berhadapan dengan tim bertabur bintang sepak bola dunia. Banyak yang malah demam panggung dan berpengaruh kepada permainan.

Menghadapi masalah tersebut, timnas Arab Saudi benar-benar menyiapkannya dengan serius dan fokus. Bahkan sejak awal tahun kemarin, timnas Arab Saudi mendatangkan Head of Sport Scence and Psychology Chelsea, Tim Harkness.

Bukan diundang sebagai pengisi acara seminar apalagi penonton bayaran nasi boks, namun Harkness didatangkan sebab Arab Saudi tidak ingin para pemainnya demam panggung ketika menjalani pertandingan nanti. Kalau demam seperti itu memang sulit sembuhnya, minum paracetamol satu papan juga belum tentu jadi tidak gugup. Malah yang ada overdosis.

Apalagi Arab Saudi akan memainkan laga pembukaan Piala Dunia menghadapi tuan rumah Rusia. Kesalahan sedikit, bisa malu sedunia kayak si Udin yang tenar kemana-mana.

Stadion saja sudah pasti dipenuhi puluhan ribu penonton. Belum lagi yang dari rumah, HP, atau mendengar lewat radio. Tidak terhitung banyaknya jumlah pasang mata yang melihat pertandingan tersebut. Itu pun tidak dihitung sama mata kaki.

Hal tersebut tentu bisa menjadi bumerang bagi para pemain yang tidak terbiasa mendapatkan atmosfer pertandingan seperti itu. Kalau yang biasa cuma ditonton sama istri, anak, dan keluarga saja, bisa-bisa keringat dingin saat pertandingan.

Perlu diketahui bahwa mayoritas pemain Arab Saudi berasal dari kompetisi lokal saja. Rata-rata penontonnya pun tidak terlalu banyak yaitu sekitar enam ribu saja.

Namun Arab Saudi juga membiasakan diri menghadapi tekanan atmosfer pada pertandingan besar. Mereka melakukan laga uji coba melawan Jerman, Italia, dan Peru.

Kedatangan Harkness bakal sangat membantu bagi para pemain untuk lebih siap secara mental. Mantan pemain Arab Saudi, Omah Bakhashwain, mengatakan bahwa timnas Arab kini siap menjalani laga di Piala Dunia.

“Tim melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Dia menyiapkan mental pemain agar siap pada laga perdana. Saya harap semua pemain bisa tampil sebaik mungkin. Pemerintah telah mendukung timnas dengan baik selama ini. Kami telah mencapai level yang diinginkan. Ini kesempatan bagi kami untuk unjuk gigi,” ujar Omah yang kalau bahasa Jawa artinya rumah, seperti dikutip dari Liputan6.

Main photo:  dotemirates.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here