Manchester City telah memutuskan akan menaikkan harga tiket pertandingan di Stadion Etihad mulai musim depan. Kenaikan ini pertama kalinya dalam dua tahun terakhir, macam harga bawang saja.

Yang bikin kocak, kenaikan tersebut diumumkan setelah Sportsmail mengungkapkan keluhan Pep Guardiola soal atmosfer Stadion Etihad. Menurutnya, atmosfer suporter City di stadion cenderung hambar kayak nasi putih tanpa lauk.

Ini jadi seperti kenaikan tarif jalan tol yang makin lama makin macet, tapi karcisnya juga makin naik. Begitu juga dengan Etihad, makin lama makin hambar tapi karcisnya juga makin naik.

Akibatnya, kebijakan itu diprotes bagi sebagian umat. Para warga City yang tergabung dalam kelompok fans Grup 1984 memberikan sebuah pernyataan bernada “KZL” terhadap kenaikan itu.

Mereka mendapatkan kabar kenaikan tiket setelah Hari Buruh kemarin. Rata-rata kenaikannya mencapai dua persen. Pihak klub memberikan alasan kalau peningkatan harga tiket dilakukan untuk menutup biaya operasional pertandingan. Namun, alasan itu tetap tak diterima oleh fans.

“Anda bisa menghasilkan semuanya tentang uang. Anda juga bisa mencoba atau memastikan kami memiliki atmosfer bagus di pertandingan kandang. Tapi itu hal yang berbeda jika ada gap antara peringkat keempat dan peringkat pertama,” bunyi pernyataan tersebut dikutip dari Liputan 6. 

Mereka menyindir kalau kenaikan harga tiket tak sejalan lurus dengan kenaikan prestasi. City baru bisa menaikkan harga jika mereka turut memberikan apresiasi berupa piala kepada fans.

“Klub pasti akan menghasilkan lebih banyak lagi dengan hadiah uang daripada yang akan mereka dapatkan dari kenaikan tiket diam-diam seperti itu,” tambahnya.

Adapun tiket termurah yang ditawarkan “The Citizens” adalah 299 pounds atau setara dengan Rp 5,1 juta. Itu belum termasuk tiket pesawat dari Jakarta ke Manchester. Tidak mungkin juga naik GO-JEK.

Jadi kalau mau nonton City ke Etihad, siap-siap menabung lebih dari 30 jutaan. Itu juga tiket termurah alias baris ketiga tribun selatan dengan kuota hanya dua ribu kursi saja. Namun, sejatinya hanya ada tiga klub Liga Inggris yang lebih murah dari City. Yang lebih mahal banyak.

Main photo credit: Gizmodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here