Timnas U-23 Indonesia harus mengakui ketangguhan Vietnam pada laga lanjutan Sea Games 2019 di Grup B. Bertanding di Stadion Rizal Memorial, “Garuda Muda” takluk dengan skor tipis 1-2.

Laga ini memang sudah diprediksi akan berjalan ketat bagi kedua tim. Seperti diketahui bahwa timnas yang kalau dipanggil Nguyen, bakal banyak yang nengok itu meraih poin sempurna dari dua laga awal. Sama dengan Indonesia yang juga meraih dua kemenangan.

Indonesia maupun Vietnam tampil cukup ngotot dan cenderung bermain keras sejak menit awal. Anak asuh Indra Sjafri yang akhirnya mampu lebih dahulu membuka keunggulan di menit ke-23.

Gol bermula dari umpan silang yang dikirimkan oleh Asnawi Mangkualam ke tengah kotak penalti. Dikirim oleh dia lagsung tanpa jasa ojek online atau ekspedisi. Memang bisa lama sampainya kalau mengirim umpan segala pakai itu.

Bola sebenarnya mengarah langsung ke jangkauan kiper. Bui Tien Dung pun bisa menangkapnya. Tapi bola tiba-tiba terlepas dari tangkapannya. Habis dikasih minyak mungkin jadi licin.

Bola yang terlepas tidak keluar lapangan setelah disundul oleh mistar gawang dan kembali ke area permainan. Sani Rizky Fauzi yang berada di dekat bola langsung menyambarnya dengan sebuah sundulan. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Vietnam sempat langsung bereaksi semenit berselang. Beruntung wasit menganulirnya setelah melihat pelanggaran terlebih dahulu. Indonesia tetap unggul hingga turun minum.

Pada babak kedua, tekanan yang dilakukan Vietnam makin menjadi-jadi. Jago sekali mereka mengurung pertahanan Indonesia. Mainnya tiki-taka pula macam tombol di joystick-nya hanya X semua.

Akhirnya Vietnam menyamakan kedudukan di menit ke-64 berkat sundulan Nguyen Thanh Chung memanfaatkan sepak pojok.

Kiper Nadeo Argawinata benar-benar dibuat bekerja keras bagai kuda untuk menghalau serangan Vietnam. Hingga akhirnya Indonesia kebobolan kembali di masa injury time babak kedua lewat Nguyen Hoang Duc.

Hoang Duc melepaskan tendangan yang sangat keras dari luar kotak penalti yang mengarah ke ujung gawang. Benar-benar hanya kiper yang panjang tangannya dua meter mungkin yang sanggup menghalaunya. Laga pun berakhir dengan skor 2-1 untuk Vietnam.

Vietnam pun mantap di puncak klasemen dengan sembilan poin dari tiga laga. Sementara Indonesia kini mengoleksi enam poin, sama dengan Thailand yang berada di urutan kedua.

Indonesia tetap berpeluang lolos dengan syarat harus memenangkan dua laga sisa kontra Brunei Darussalam dan Laos. Sambil tentunya berharap Vietnam atau Thailand terpeleset di salah satu laga.

“Saya tak mau bilang bahwa Vietnam jauh lebih baik dari kami. Anda bisa lihat dalam 2×45 menit tadi Vietnam kesulitan melawan kami.”

“Jadi ini nasib saja Vietnam bisa menang melawan kami. Mudah-mudahan bertemu di final nanti,” ucap Indra Sjafri seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Main photo: football5star.com baomoi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here