Pep Guardiola nampak sangat antusias terkait promosinya tim abang-abangan Leeds United ke Premier League. Ia tak segan memuji Marcelo Bielsa yang disebut bisa memberi pengaruh besar di Premier League.

Tim yang satu ini memang tidak cukup banyak dikenal oleh pecinta sepak bola masa kini. Namun namanya memang harum benar di kalangan remaja-remaja Orde Baru karena sempat menunjukan performa gemilang sejak tahun 70-an.

Bahkan mereka juga menjadi tim terakhir yang menjuarai Premier League dengan format lama di tahun 1992. Pokoknya di zaman Orde Baru, Leeds ini salah satu klub yang “cukup megang”.

Namun setelah era 2000-an, performa mereka menurun hingga akhirnya terlempar dari Premier League di musim 2003/2004. Leeds juga sempat terperosok ke League One di tahun 2007 sebelum kembali ke Championship di tahun 2010.

Pokoknya kelam sekali nasib mereka. Lebih kelam dari yang 30 tahun belum juara mungkin.

https://twitter.com/FutbolBible/status/1284849882956783618?s=20

Namun setelah 16 tahun, Leeds memastikan kembali ke Premier League sekaligus mengunci gelar Championship musim 2019/2020 ini.

Keberhasilan Leeds tak terlepas dari tangan dingin Marcelo BIelsa. Pelatih yang satu ini memang disebut cukup berpengaruh pada taktik dan strategi sepak bola modern.

Melihat comeback Leeds ke Premier League, Pep Guardiola pun tampak antusias. Ia memuji Bielsa yang disebutnya sangat spesial.

“Saya bukanlah pemainnya dulu, jadi sulit buat saya untuk bicara soal dia. Tapi betu saya tahu referensi dan pengaruhnya untuk satu miliar pemain yang sudah bersamanya,” ungkap manajer Manchester City itu seperti dikutip Detik.

“Saya beruntung kadang-kadang punya kesempatan untuk bicara dan bertemu dia. Dia adalah manajer otentik karena tidak ada manajer lain yang bisa bermain dengan caranya.”

“Tidak satupun bisa mengimitasi dia dan itu membuatnya sangat spesial. Buat sepakbola Inggris, akan luar biasa buat dia berada di Premier League musim depan dan mempelajarinya,” imbuh Guardiola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here