Bayern Muenchen memang perkasa banget di Bundesliga. Entah minum obat kuat atau bagaimana, tapi hal itu diakui oleh pesaing terdekatnya saat ini, RB Leipzig.

Hal itu diungkapkan oleh pemain yang mengaku-ngaku sebagai gelandang Leipzig, Bernardo. Pemain akamsi Brasil itu berkata bahwa sebuah hal yang mustahil dan hil yang mustahal untuk bisa menandingi Muenchen di Bundesliga.

Dari segi kualitas pemain memang sudah kalah jauh. Mungkin hanya Borussia Dortmund yang bisa menandingi meski cuma kadang-kadang sifatnya. Itu pun kalau punya pemain bagus, siap-siap dibeli oleh Muenchen dengan harga selangit.

Sebut saja Mario Goetze, Robert Lewandowski, dan Mats Hummels. Dortmund menerima tawaran yang tak dapat ditolak. Memang tak baik kalau selalu menolak rezeki.

Secara finansial memang kekayaan Muenchen menang jauh dari klub-klub lainnya. Kekayaan mereka ditaksir 592 miliar euro, jauh di atas garis kemiskinan. Lebih dari dua kali lipatnya kekayaan Dortmund (283 miliar euro) dan Schalke (224 miliar euro).

Mereka tidak rela bagi-bagi, kayak iklannya Silverqueen Chunky Bar. Sekalinya bagi-bagi rezeki, imbalannya ya mendapatkan pemain kelas itu tadi.

“Jika ditanya apa saya setuju bahwa mustahil menandingi Bayern di Bundesliga? Jelas saya setuju. Menandingi mereka adalah kemustahilan. Mereka klub yang lebih sehat dan diperkuat pemain berkualitas lebih baik,” ujar Bernardo, dikutip Goal.

Saking perkasanya itu Muenchen, publik sepak bola Jerman sepertinya sudah bosan lihat mereka juara. Dia lagi, dia lagi. Tak ada yang istimewa, mengingatkan kita pada zaman orde baru dan orde lama yang presidennya dia lagi, dia lagi.

“Saya kira publik sepak bola Jerman sudah terbiasa melihat Bayern meraih kemenangan. Jika di Brasil, ada satu yang dominan akan jadi pertanyaan besar. Tapi tidak dengan di sini, orang-orang sudah terbiasa melihat Bayern meraih kejayaan,” sambungnya lagi.

Main photo credit: Bavarian Football Works

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here