Sebuah drama transfer musim panas terjadi lagi di Italia. Sempat berpaling pada WIL alias Wanita Idaman Lain selama satu tahun di Milan, Leonardo Bonucci ternyata masih tak tahan untuk balikan. Alhasil dirinya yang sempat jadian satu tahun dengan Milan pun akhirnya CLBK lagi dengan sang mantan.

Konflik batin terjadi di sini ketika Milan rela diputuskan asal dapat dua pemuda tampan Juventus, yaitu Gonzalo Higuain dan Mattia Caldara. Milan dan Juventus sepakat untuk melakukan transfer threesome alias melibatkan tiga pemain sekaligus. Bonucci, Higuain, dan Caldara menjadi perangkat kesepakatan antara kedua klub.

Bonucci sendiri akan kembali ke Juventus setelah selama satu musim jadian dengan Milan. Namun ternyata Juventus tak bisa balikan begitu saja. Milan minta Caldara dijadikan alat barter sebagai bagian dari kesepakatan.

Untuk mendapatkan Bonucci, “La Vecchia Signora” harus menukarnya dengan Caldara. Kedua pemain diyakini bernilai kurang lebih sebesar 35 juta euro atau kurang lebih sebesar 588 miliar rupiah.

Namun, penukaran itu bukan berarti kayak tukar-tukaran kabel casan, main tukar saja. Juve dan Milan tetap harus ada transaksi uang sebesar 35 juta yang dibayar dua kali. Juve kasih uang 35 juta ke Milan, Milan juga sebaliknya. Intinya sama saja, mungkin biar tercatat di buku keuangan, jelas ada uangnya.

Harga tersebut lumayan cukup tinggi sebenarnya untuk Bonucci yang sudah menginjak usia 31 tahun dan Caldara yang baru 24 tahun. Namun sepertinya kenangan kebersamaan keduanya terlalu kuat untuk mengucapkan perpisahan. Bonucci telah menandatangi kontrak dengan durasi lima tahun dengan Juventus.

Sebelumnya Bonucci telah membela Juventus selama tujuh musim mulai dari 2010 hingga 2017. Bersama Juventus mereka telah meraih enam gelar scudetto, tiga titel Coppa Italia, tiga piala Super Italia, dan dua kali jadi penantang tertangguh di final Liga Champions.

Ia menjadi salah satu sosok penting di lini pertahanan Juventus bersama Giorgio Chiellini dan Andrea Barzagli atau yang biasa dijuluki Trio BBC.

Musim panas musim lalu Bonucci secara mengejutkan pindah ke Milan dengan transfer sebesar 42 juta euro. Ia pun dipercaya menjadi kapten Milan dan tampil dalam 51 pertandingan. Bonucci pun sempat melakukan selebrasi kala mencetak gol ke gawang Juventus saat bermain di Turin.

Kalau sudah sayang memang mudah sekali dimaafkan, biarpun sempat melakukan hal seperti itu Bonucci tetap diterima di pelukan Juventus. Walaupun Juventini pada kesal dibuatnya, bahkan sampai sekarang dia masih dijuluki ‘ular’. Lagunya Hello berjudul Seperti Ular sepertinya cocok buat Bonucci.

Bonucci sendiri mengatakan bahwa awalnya ia sulit untuk membayangkan kembali bermain untuk Juventus. Tapi akhirnya bek berwajah tampan simetris itu lega transfer tersebut bisa terwujud.

“Pada awalnya sulit untuk membayangkan ini bakal terjadi. Tapi rasanya fantastis ini akhirnya benar-benar terjadi. Saya antusias. Turin adalah rumah saya dan Juventus adalah rumah saya. Jadi saya sangat senang bisa kembali,” ujarnya dikutip dari Detik.

Kembalinya Bonucci menjadi perekrutan kelima Juventus pada bursa transfer musim panas ini. Sebelumnya mereka telah mendapatkan Mattia Perin, Emre Can, Joao Cancelo, dan Cristiano Ronaldo.

Meski bisa mendapatkan Bonucci lagi, Juventus juga melepas dua pemainnya yaitu Higuain dan Caldara. Artinya muncul istilah CLBK, Caldara Lepas Bonucci Kembali.

Untuk Higuain, striker berusia 30 tahun tersebut akan disewa (bukan dipinjam) selama semusim oleh ‘Rossoneri”. Kenapa judulnya disewa? Karena Milan harus merogoh kocek sebesar 18 juta euro untuk masa peminjaman dengan opsi pembelian musim depan. Mana ada pinjam tapi disuruh bayar. Berarti itu namanya sewa. Ada-ada saja.

Nantinya Higuain dapat dipermanenkan dengan biaya 36 juta euro dibayar dua kali. Sebelumnya Higuain sempat dikaitkan dengan Chelsea. Namun Milan yang melihat kesempatan bergerak cepat untuk mendapatkannya. Juve juga tampak lebih suka kasih ke Milan, soalnya selain dapat uang tapi dapat satu bek kelas dunia juga.

Selain itu Milan juga meresmikan transfer Caldara. Bek muda Italia tersebut menjadi perangkat kesepakatan dalam pertukaran dengan Bonucci. Berbeda dengan Higuain, Caldara akan dikontrak selama lima musim, gajinya juga naik. Dia pasti girang.

Caldara sendiri merupakan bek Juventus yang belum pernah bermain Juventus. Setelah dibeli dari Atalanta pada Januari 2018, ia dipinjamkan ke klub tersebut hingga musim panas 2018.

Musim lalu ia tampil sebanyak 34 kali di semua kompetisi. Total ia melakukan 25 tekel sukses dan mencatat tiga gol dan empat assist untuk Atalanta. Milan melihat Caldara sebagai pemuda potensial yang bertanggung jawab, rajin menabung, dan mungkin hobi menyiram tanaman serta membantu nenek menyeberang.

Main photo: adnkronos.com

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here