Kegagalan Italia ke Piala Dunia 2018 menyisakan akhir yang kurang sedap buat keempat pemain ini. Bukan cuma Gianluigi Buffon, tapi juga Andrea Barzagli, Daniele De Rossi, dan Giorgio Chiellini yang terpaksa pensiun dari timnas lebih awal gara-gara gagal ke Rusia.

Keempat gerbong ‘old’ itu memang jadi pilar utama di “Gli Azzurri“. Mungkin tinggal mereka berempat generasi terakhir yang jadi langganan timnas di banyak turnamen penting.

Bahkan, Buffon, Barzagli, dan De Rossi merupakan gerbong terakhir dari skuat juara Italia di Piala Dunia 2006. Ketiga pemain itu memang sudah siap pensiun usai Piala Dunia nanti. Tapi sayang, manusia memang cuma bisa berencana. Tuhan lah yang menentukan.

Chiellini juga begitu. Dari kemarin tak ada kabar pemain berjuluk “Kingkong” itu bakal pensiun dari Italia. Tapi setelah kegagalan itu, tahu-tahu muncul keputusannya begitu saja.

Di antara mereka berempat, Chiellini memang yang paling muda yakni 33 tahun. Sedangkan De Rossi setahun lebih tua, Barzagli mencapai 36 tahun, dan Buffon 39 tahun. Chiellini yang tak hapal Pancasila itu sebenarnya masih bisa ikut satu turnamen lagi di Piala Eropa 2020.

Tapi sepertinya, dia sudah sangat kecewa atas hasil buruk tersebut. Sudah saatnya generasi muda yang melaju. Apalagi, keempat pemain itu sudah kenyang dengan pengalaman bermain di internasional.

Buffon yang paling banyak dalam sejarah timnas Italia dengan 175 caps. Lalu De Rossi dengan 117 caps, Chiellini 95 caps, Barzagli 72 caps. Meski sudah banyak caps, keempatnya belum pernah mengalahkan timnas Indonesia.

Sekarang, keempatnya sudah resmi jadi pensiunan pegawai negeri alias pensiun dari urusan bela negara. Pesangon PNS biasanya enggak seberapa, tapi lumayan buat tambah-tambah anak sekolah.

Italia kini harus mandiri tanpa pemain-pemain berpengalaman yang jadi pengayom dan suri tauladan bahkan soko guru buat pemain-pemain muda di timnas.

“Saya sudah sering di Coverciano (markas latihan timnas) dengan mengenakan jersey timnas. Jadi melepas jersey ini untuk terakhir kalinya terasa aneh. Sudah pasti saya ingin akhir yang berbeda,” ucap De Rossi, sangat menyesali perbuatannya.

Senada dengan De Rossi, Barzagli yang wajahnya mirip Raffi Ahmad itu juga kecewa berat. Sebenarnya, turnamen Piala Dunia dan Piala Eropa sudah sering mereka rasakan. Tapi tetap saja nyesek karena Piala Dunia harusnya jadi akhir yang menyenangkan bagi para pemain itu apapun hasilnya.

“Sangat sulit buat saya mengakhiri karier bersama Italia tanpa bermain di Piala Dunia. Sangat sulit buat saya, tapi akan ada pemain muda yang muncul,” ucap Barzagli.

 

https://twitter.com/brfootball/status/930589415893807106

Sedangkan Chiellini menuturkan sudah waktunya era baru bagi Italia yang kostumnya kayak tutup galon Aqua itu. Memang, dengan pensiunnya Buffon, Barzagli, Chiellini, bahkan De Rossi sebagai gelandang bertahan, lini pertahanan Italia kini harus dipermak ulang.

Dengan pensiunnya empat orang itu praktis tinggal menyisakan Leonardo Bonucci saja di bahtera pertahanan rumah tangga Italia. Pemain-pemain muda seperti Daniele Rugani, Alessio Romagnoli, dan Gianluigi Donnarumma kemungkinan bakal naik jabatan.

“Kami punya banyak pemain muda yang dalam beberapa tahun ke depan akan butuh butuh dukungan dan cinta yang sama. Dalam tiga tahun terakhir kami telah meminta rasa cinta seperti ini tak pernah meninggalkan Nazionale. Tapi sekarang Italia harus memulai era baru seperti Marco Verratti dan banyak pemain kelahiran 1990-an lainnya,” ucap Chiellini.

Keempat pemain itu resmi meninggalkan 20-an teman-teman lainnya di timnas Italia yang sekarang. Semuanya adalah pemain juara baik dari level klub maupun level timnas.

Selamat tinggal, empat legenda besar Italia! Semoga dapat pesangon pensiunan yang layak dari negara. Arrivederci!

Main photo: The Straits Times

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here