Tim nasional Inggris secara mengejutkan keok di kandang Ceko pada babak kualifikasi Piala Eropa 2020 hari Jumat kemarin. Tim julukan “Tiga Singa” itu kalah tipis 1-2.

Inggris padahal sudah unggul duluan lewat gol penalti Harry Kane saat pertandingan baru berjalan lima menitan. Kane memang anaknya mau menang sendiri, setiap ada penalti pasti dia yang ambil.

Sayangnya, Ceko malah comeback dengan membuat gol lewat Jakub Brabec empat menit kemudian, dan Zdenek Ondrasek saat pertandingan tinggal lima menit lagi.

Praktis, kalau mau lihat cuplikan pertandingannya di Youtube, better nonton pada awal-awal, kemudian skip sampai ke akhir cuplikan. Apalagi kalau highlight-nya yang 10 menitan. Lama banget nunggu golnya.

Pelatih ‘gerbang selatan’ alias Gareth Southgate pun mengakui timnya bermain di bawah standar. Tapi pertanyaannya apakah standar satu alias standar miring atau standar dua, ini yang belum terjawab.

Seperti diketahui, standar satu lebih enak diparkir karena tinggal main satu kaki saja. Sayangnya peluang buat jatuh disenggol motor lain juga tinggi.

Kalau standar dua lebih ribet, mesti turun dulu, lalu dengan tenaga ekstra harus mengangkat dan mengganjal pakai kaki agar bisa dibikin standar dua. Bocah SD biasanya enggak kuat kalau mesti standar dua.

Namun kelebihannya, motor jadi tak mudah terjatuh. Lebih kokoh dan ajeg diparkirnya.

“Saya pikir kami sudah tampil baik dalam beberapa tahun terakhir. Tapi hari ini kami tampil kurang bagus, sederhana saja,” ucap Southgate, dikutip TopSkor.

“Gol yang masuk ke gawang kami adalah gol-gol tipikal di mana kami memberikan mereka peluang bagus. Secara keseluruhan, kami harus mengakui bahwa performa kami di bawah standar. Kami terlalu sering memberikan lawan bola.”

Southgate berharap timnya bisa lebih galak lagi lawan Bulgaria besok. Posisi mereka bisa terancam digeser dari puncak klasemen kalau kalah lagi.

Main photo: Czech Football Team

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here