Philippe Coutinho resmi bergabung dengan Bayern Munchen untuk satu tahun ke depan dengan status pinjaman. Pemain yang dikenal dengan jurus andalan kotak+R2 itu mengaku akan tampil maksimal di klub barunya tersebut.

Karier Coutinho nyatanya makin tidak jelas setelah pindah ke Barcelona. Didatangkan dengan harga sekitar 140 juta poundsterling, Coutinho tentu diharapkan menjadi pemain yang sangat berpengaruh di kubu Barcelona.

Kalau bisa, ia cetak 140 gol setiap musimnya agar biaya yang dikeluarkan senilai dengan performa. Sayangnya itu tak terjadi. Cuma angan-angan para suporter Barca saja yang kadang suka dipanggil “Decul“.

Tapi nyatanya Coutinho dianggap tidak mampu menemukan performa puncaknya bersama Barcelona, apalagi setelah kedatangan Antoine Griezmann yang tak biasa dipanggil Maman. Meski pada kenyataannya ia tampil cukup bagus dengan catatan 21 gol dan 11 assist dari 76 pertandingan.

Nasib Coutinho pun makin menjadi spekulasi pada bursa transfer musim panas ini, hingga pada akhirnya ia dipinjamkan ke Bayern. Ia pergi ke Bayern dengan status pinjaman selama semusim dengan biaya sekitar 8,5 juta euro dengan opsi pembelian di akhir musim.

Coutinho sendiri dipatok di angka 120 juta euro apabila Bayern ingin menebusnya. Selain itu Bayern juga menanggung seluruh gaji Coutinho yang mencapai 11,2 juta euro per tahun.

https://twitter.com/Sporf/status/1163374312021221376

Bisa dibilang, karier Coutinho ini terselamatkan oleh Bayern. Soalnya kalau terus bertahan di Barcelona, bisa-bisa jamuran karena bakal lebih sering duduk di bangku cadangan. Belum kalau jamurnya nanti dipetik dan digoreng crispy sama remaja-remaja pemadat di Catalonia sana.

Sementara itu Coutinho juga sempat kesulitan untuk di-tiki-taka ke klub lain, sebab harga jualnya yang sangat tinggi. Apalagi bursa transfer Premier League, dimana beberapa klub dikabarkan berminat pada Coutinho, sudah tutup duluan sejak 8 Agustus lalu.

Alhasil pindah ke Jerman bisa jadi merupakan salah satu langkah tepat untuk ‘menyelamatkan’ karier Coutinho.

Bersama dengan tim yang dalam beberapa tahun terakhir tergabung dengan auto-juara juara club, Coutinho mengaku akan tampil habis-habisan dan menunjukan performa terbaiknya.

“Bagi saya, langkah ini berarti tantangan baru, di negara baru dengan salah satu klub terbaik di Eropa. Saya sangat menantikan tampil bersama mereka,” tutur Coutinho seperti dikutip dari Liputan6.

“Jelas sebuah kehormatan besar jika Anda menarik minat dari Bayern, klub yang hebat, besar, kaya tradisi. Saya tidak sabar untuk mengenakan jersey Bayern dan tampil bersama mereka,” jelasnya.

“Untuk saat ini, apa yang bisa saya katakan dengan pasti adalah setiap saya mengenakan jersey Bayern Munchen, saya akan memberikan segalanya untuk klub,” tukasnya.

Kemungkinan besar, Coutinho akan menjalani debutnya pada laga kedua Bayern di Bundesliga melawan Schalke 04 akhir pekan nanti.

https://twitter.com/Sporf/status/1163402516224204800

Main photo: bavarianfootballworks.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here