Nama Jesus Gil Manzano diprediksi akan jadi terkenal bulan depan jika bertindak yang macam-macam. Maklum, Manzano akan memimpin duel keras, pertandingan yang paling dinanti-nanti abad ini oleh penduduk sepak bola dunia.

Pertandingan itu bukanlah partai Persib Bandung saat melakukan uji coba demi melihat aksi Michael Essien. Melainkan partai Real Madrid versus Barcelona yang dikenal dengan sebutan “El Classico“.

Pertandingan tersebut memang masih lama, masih tanggal 23 April 2017 alias sekitar sebulan lagi. Namun, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) dan Komite Wasit Spanyol sudah merilis nama wasit yang akan memimpin pertandingan panas tersebut, sepanas kota Surabaya kalau siang hari.

Manzano menerima kepercayaan penuh untuk memimpin laga penuh tensi dan juga drama kayak sinetron di televisi. Apalagi, Madrid dan Barca hanya terpaut dua poin saja.

Itulah kenapa, Manzano harus ekstra hati-hati dalam memimpin dan mengambil keputusan. Salah sedikit saja bisa langsung dimaki salah satu pendukung yang dampaknya bisa bikin dia terkenal sedunia.

Belum lagi dengan gaya pemain Madrid dan Barca yang suka protes berlebihan kepada wasit. Jatuh sedikit saja langsung mengerubungi wasit, sebuah trik yang khas dalam memengaruhi keputusan wasit.

Terlebih, wasit berusia 33 tahun itu juga dikenal dengan wasit yang royal kartu. Bukannya uang yang dibagikan, tapi malah kartu yang bikin merugikan tim. Total musim ini dia sudah mengeluarkan 87 kartu dari 20 laga di La Liga. Artinya, tiap pertandingan minimal dia mengeluarkan empat kartu.

Manzano juga belum lama ini jadi sorotan gara-gara menerima bingkisan dari Real Madrid. Hal itu dituduhkan oleh kubu Villarreal yang menganggap Manzano membantu Madrid memenangkan laga itu.

Memang, bingkisan itu bukanlah berisi uang apalagi besek berisi nasi kotak dan sembako. Melainkan cuma pulpen yang sudah jadi tradisi bagi Madrid ketika menjalani laga kandang. Tapi, nama Manzano terlanjur dipandang negatif oleh beberapa orang di Spanyol.

Bagaimana aksinya tanggal 23 April nanti? Kita doakan saja, semoga dia bisa jadi pemimpin yang baik dan mengemban amanah. Al Fatehah!

Main photo credit: Futbol AS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here