Polandia harus mengakhiri petualangannya di Piala Dunia edis 2018 ini. Kekalahan telak dari Kolombia, memastikan Robert Lewandowski dan kawan-kawannya yang namanya susah diucapkan, harus tersingkir secara memalukan. Melawan Kolombia pada pertandingan lanjutan Grup H, Polandia takluk 0-3 tak berbalas.

Sementara dengan kemenangan tersebut, Kolombia membuka asa untuk melaju ke babak selanjutnya. Andai mereka terus menang setelahnya di semua pertandingan Piala Dunia hingga babak final, hampir dapat dipastikan Kolombia akan jadi juara dunia.

Akibat kemenangan Kolombia, persaingan di Grup G pun makin ketat setelah Senegal dan Jepang bermain imbang. Kedua tim itu mengumpulkan poin yang sama yaitu empat poin, sementara Kolombia berada di peringkat ketiga dengan tiga poin.

Untuk Polandia, meski menang di pertandingan terakhir dengan skor berapa pun, mereka dipastikan harus pulang kampung setelahnya. Padahal, Polandia terhitung sebagai tim unggulan dari Eropa, tapi ternyata lembek banget macam tape rebus.

Pada pertandingan di Kazan Arena, Polandia yang bertabur bintang liga-liga top Eropa langsung menekan Kolombia. Hingga 10 menit pertama, negara tempat berlangsungnya syuting film Narcos itu dipaksa untuk bertahan. Walau tidak sampai menurunkan para kartel Medellin, perlahan Kolombia bisa lepas dari tekanan.

https://twitter.com/marianaboully/status/1011054106805448705

Juan Cuadrado sempat membuat pertahanan Polandia kalang kabut lewat aksi individunya di menit ke-37. Gocekan Cuadrado ke kiri dan ke kanan macam goyang Maumere berhasil melewati beberapa bek Polandia. Sayang umpan tariknya masih bisa diblok oleh Wojciech Szczesny.

Tekanan Kolombia akhirnya berbuah hasil di menit ke-40. Umpan manis manja dari James Rodriguez, membuat bek jangkung Yerry Mina melepaskan sundulan otak kiri. Usaha Szczesny yang namanya sulit dieja namanya itu tidak mampu menyelamatkan gawang Polandia. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Kolombia 1-0.

Kolombia berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-70 melalui Radamel Falcao. Terobosan dari Juan Quintero dimanfaatkan dengan baik oleh Falcao.

Berhadapan satu lawan satu dengan Szczesny, Falcao tidak takut dan memanggil abang-abangannya. Dengan tenang ia melepaskan bola datar hasil tendangan eplek kalau bahasa kampung sekitar.

Tim besutan Adam Nawalka harus kembali kebobolan untuk ketiga kalinya di menit ke-75. Bola operan James berhasil dimanfaatkan oleh Cuadrado. Berlari sendiri hingga ke depan gawang, untungnya Cuadrado tidak menggiring bola sampai ke rumahnya.

Sepakan placing datarnya membuat Szczesny, rekannya di Juventus, memungut bola kembali. Apakah gol Cuadrado ini sengaja diberikan oleh Szczesny gara-gara rekan satu klub? Tidak ada yang tahu. Yang jelas, hingga pertandingan berakhir, skor 3-0 tetap bertahan untuk keunggulan Kolombia.

Pelatih Kolombia, Jose Pekerman memuji Falcao yang dikatakan bermain bagus pada pertandingan tersebut. Falcao benar-benar seperti seorang pemain bola, menendang ke sana ke mari dan tertawa.

“Saya pikir (gol Falcao) adalah salah satu kegembiraan terbesar yang kami terima malam ini. Dia adalah simbol dari tim nasional dan simbol sepakbola Kolombia,” kata Pekerman seperti dikutip dari Detik.

“Kami selalu berharap dia bisa mencetak gol dan bisa terus fit seperti hari ini. Kami ingin membantunya secara tim sehingga dia bisa menunjukkan semua keterampilan dan bersinar,” sambungnya.

Sementara di sisi Polandia, kapten Robert Lewandowski, sudah tak tahu harus berbuat apa lagi. Dia cuma bisa pasrah kayak ayam kehujanan.

“Hanya itu yang bisa kami lakukan. Kami tetap berjuang dan berusaha melakukan yang terbaik, tetapi sekarang kami tak bisa berbuat lebih banyak lagi. Pertarungan ini ternyata tak cukup memenangkan pertandingan Piala Dunia,” ucap pemain berwajah ganteng resiprokal itu.

Main photo: 710knus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here