Sebagai manajer asing di Premier League, Jurgen Klopp tentu wajib bisa berbahasa Inggris. Pelatih asal Jerman itu mengaku ia menonton film series untuk memperlancar kemampuan berhasa Inggris miliknya.

Klopp tentu kalah sama anak-anak SD di Inggris sana yang katanya sudah pada lancar berbahasa Inggris sejak kecil. Bahkan sudah bisa menghitung dari 1 sampai 100 dalam bahasa Inggris.

Untuk belajar bahasa Inggris dari film, tentu saja Jurgen Klopp menonton serial yang berbahasa Inggris. Kalau dia nontonnya Cinta Fitri, tentu bukannya tambah mahir bahasa Inggris, yang ada malah nyambungnya mengobrol sama ibu-ibu di tukang sayur.

Ada banyak padahal film-film berbahasa Inggris macam Tarzan X, Spiderman XXX, atau yang paling legendaris adalah Pirates of the Caribbean X. Tapi ia lebih memilih untuk menonton serial lawas keluaran Amerika yaitu Friends.

Friends sendiri merupakan salah satu serial sitkom yang paling populer sepanjang masa. Untuk orang-orang yang sudah kepala empat atau besar di tahun 90-an mungkin sangat familiar dengan serial TV yang cukup dikenal di seluruh dunia.

Dimulai pada tahun 1994, episode terakhir Friends tayang pada tahun 2004. Walau sudah hampir 15 tahun lamanya, serial ini tetap menjadi salah satu serial paling ternama di dunia.

Serial ini memiliki cerita yang cukup ringan dimana premisnya mengenai pertemanan tiga orang pria dan tiga orang wanita yang tinggal di New York. Untuk yang tidak tahu New York itu dimana, pokoknya jauh sekali dari Wates.

Menurut Klopp serial ini sangat populer di Jerman, seperti halnya di belahan dunia lainnya. Banyak orang di Jerman yang belajar bahasa Inggris melalui serial ini. Klopp pun salah satu yang melakukannya.

Ia mengatakan lebih mudah belajar bahasa Inggris lewat serial Friends, sebab pemilihan kata dan dialeknya mudah dimengerti.

“(Belajar dengan) menonton Friends, sebab serial itu mudah dipahami. Anda mencoba menonton flm, sebab itu level berikutnya, sebab di dalam film mereka bicara dialek, hal-hal seperti itu, dan tidak benar-benar diucapkan dengan tepat,” ujar Klopp dikutip dari Liputan6.

“Pembicaraan ringan dan hal-hal seperti itu harus Anda ikuti. Bagi orang Jerman, cara termudah mempelajari bahasa Inggris adalah dengan menonton Friends.”

“Dialognya mudah. Sedikit banyak Anda bisa memahami setiap kata cukup jelas, jadi itulah alasan kami menggunakannya,” tutupnya.

Tak hanya Klopp, sebelumnya Unai Emery juga mengaku ia menonton film series untuk memperlancar kemampuan berbahasa Inggris dirinya. Bedanya, Emery menonton serial Peaky Blinders yang menceritakan mengenai kehidupan gangster di Birmingham pada tahun 1900-an.

Main photo: @bbcsport

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here