Meksiko sukses meraih poin penuh saat menghadapi Korea Selatan di Grup F Piala Dunia 2018. Meski skornya standar banget macam wajahnya Ayu Ting-Ting, “El Tricolore” tetap menang 2-1 dan membuka mereka lolos ke babak berikutnya.

Meksiko membuka keunggulan pada menit ke-26 saat pemain Korea, Hyun Soo Jang, malah berpikir dirinya adalah pemain basket. Maksud hati memblok tendangan Andres Guardado, malah diblok pakai tangannya.

Carlos Vela yang menjadi algojo penalti dengan tenang menembakkan bola ke tengah gawang. Kiper Hyun Woo Cho yang mirip Roy Kiyoshi ternyata tak mampu menebaknya. Padahal kalau di ANTV jago banget menebak-nebak yang begituan.

Namun, Hyun Kiyoshi melakukan penyelamatan luar biasa di babak kedua. Dia menepis tendangan Guardado sambil terbang. Akan sangat lebih hebat lagi kalau dia mampu menepis pakai punggungnya, tanpa melihat bola.

Sayang, Korea memang apes lagi di babak kedua. Meksiko kembali memperlihatkan serangan cepat balik alias counter attack yang digagas Hirving Lozano. Menghadapi tiga pemain Meksiko bikin dua bek Korea bingung harus gerak ke mana.

Lozano akhirnya mengumpan ke Javier Hernandez. Dengan sekali tekuk berunsur Pasal Penipuan 378, dia sukses menggocek seorang tentara Korea sebelum akhirnya menceploskan bola ke gawang.

https://twitter.com/felixsverse2/status/1010548738870382592

Korea cuma berhasil memperkecil ketinggalan pada menit ke-90. Lumayan bisa bikin gol walau cuma sebiji. Tendangan LDR yang tersambar geledek sukses dilepaskan Son Heung Min yang tak mampu ditahan Guillermo Ochoa.

Skor ini belum memastikan Korsel menyanyikan “Gugur Bunga” di Piala Dunia. Baru dua kali main masak sudah gugur saja, apalagi main sampai 11 kali. Soalnya, di laga lain Jerman menang atas Swedia.

Jadi situasinya kalau mau lolos, Korsel meski menang gede lawan Jerman sambil berharap Swedia kalah dari Meksiko. Ujung-ujungnya mereka tinggal main selisih gol, siapa yang paling besar.

Di mata pelatih Meksiko, Juan Osorio, pertandingan ini sungguh kelewatan. Dia marah-marah karena timnya mendapat 24 kali pelanggaran yang bisa bikin pemainnya cedera. Ditambah wasit tak memberikan kartu merah kepada pemain Korea, apalagi kartu remi atau kartu AS yang bisa dipakai buat menelepon.

“Biasanya saya jarang berbicara tentang wasit karena memang saya tidak suka. Tapi ada pelanggaran sampai 24 kali dilakukan kepada kami. Untuk sepak bola yang lebih baik, mereka perlu meningkatkan pencegahan dan tindakan yang diperlukan,” ucap Osorio.

Main photo: @BleacherReport

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here