Juventus jadi klub paling kaya saat pergelaran Piala Eropa 2016 kemarin. Hanya dengan mengirimkan pemainnya membela negara masing-masing, manajemen Juve tinggal duduk manis kayak ibu-ibu pengemis yang menyuruh anaknya mencari uang mengamen di pinggir jalan.

Klub yang baru mengganti logonya dan kurang bisa diterima masyarakat itu memang mengirimkan 12 pemainnya ke Piala Eropa. Mereka adalah Gianluigi Buffon, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli Stefano Sturaro, Simone Zaza (Italia), Sami Khedira (Jerman), Stephan Lichtsteiner (Swiss), Paul Pogba, Patrice Evra (Prancis), Mario Mandzukic (Kroasia), dan Alvaro Morata (Spanyol).

Tidak ada nama Paulo Dybala dan Juan Cuadrado di sana karena mereka bermain untuk Argentina dan Kolombia, bukan negara Eropa. Apalagi Paolo Montero dan Paulo Sousa yang sudah lewat eranya.

UEFA memang sudah berjanji untuk mengeluarkan uang sebesar 150 juta euro kepada klub-klub Eropa sebagai kompensasi para pemainnya yang berlaga di Piala Eropa. Kalau-kalau ada yang cedera panjang akibat kompetisi tersebut. UEFA memang sudah sepakat dengan Asosiasi Klub Eropa (ECA) akan memberikan dana itu kepada 640 klub dari 54 negara berbeda.

Rejeki memang tidak ke mana. Juve ceritanya dapat 3,5 juta euro atau sekitar Rp 50,3 miliar dari UEFA dan belum diketahui uangnya mau diapakan. Dengan uang segitu, Juve sebenarnya bisa beli rumah mewah di pulau reklamasi Jakarta atau sekadar jajan di Alexis.

Klub kedua yang dapat uang banyak adalah Liverpool yang sebenarnya sama-sama menyumbangkan 12 pemain. Tapi, entah kenapa klub Inggris itu cuma dapat 3,3 juta euro. Besar kemungkinan ada beberapa pemain yang tidak tampil sama sekali di Euro seperti kiper  cadangan Wales, Danny Ward.

Tottenham Hotspur menjadi klub ketiga dengan 11 pemain, disusul Manchester United (MU) dengan 10 pemain, dan Bayern Muenchen, Barcelona, Fenerbahce dengan sembilan pemain. Seterusnya silakan lihat sendiri di Google dengan kata kunci “Euro 2016 Squads” karena jika dituliskan semuanya di sini akan terlalu panjang.

Adapun klub-klub Inggris mendominasi 10 besar klub dengan pemasukan terbanyak dari Piala Eropa 2016 dengan total lima klub.

Main photo credit: juventus.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here