Juventus memastikan diri meraih trofi pertama mereka musim ini atau pada tahun 2021 setelah memenangkan laga Pial Super Italia dengan mengalahkan Napoli, 2-0. Ini merupakan trofi pertama pelatih “magang” Andrea Pirlo yang baru lima bulanan menjadi pelatih betulan.

Musim ini memang Juventus diragukan untuk mempertahankan gelar Seri A setelah melihat hasil yang mereka capai. Juve menunjuk pelatih tanpa pengalaman sama sekali dan hasilnya berada di posisi kelima.

Bahkan fans-nya sendiri sampai bilang kalau Pirlo itu pelatih lumba-lumba. Entah salah Pirlonya atau memang pemain Juve itu semuanya lumba-lumba.

Mereka terseok-seok di Seri A dengan menelan dua kekalahan dan banyak banget serinya. Akibatnya cuma di posisi kelima saja.

Namun ajang ini jadi pembuktian bahwa Pirlo punya potensi. Sekaligus menaikkan mental anak asuhannya supaya bisa kembali ke trek kemenangan usai dikalahkan musuh bebuyutan tapi sayang, Inter Milan.

https://twitter.com/ESPNFC/status/1352012235154092034

Juventus memang lebih mendominasi di laga ini. Napoli sesekali menyerang dan mencuri peluang. Salah satunya sundulan Hirving Lozano yang bisa ditepis dengan refleks luar biasa Wojciech Szczesny. Entah sengaja atau tidak, itu kiper tampak gelagapan tapi yang penting enggak kebobolan.

Juve sendiri tak ada peluang berbahaya di babak pertama. Sekalinya ada tapi offside. Percuma sekali.

Barulah di babak kedua, Pirlo jeli melihat kelemahan timnya di babak pertama. Dia menarik Federico Chiesa digantikan Federico lainnya, yakni Federico Bernardeschi yang akrab disapa “Bernardmessi”.

Keputusannya sungguh tepat. Tendangan sudut Bernardeschi mampu membuat Cristiano Ronaldo dengan mudah mencetak gol di depan gawang dari jarak dekat sekali. Juve unggul 1-0.

Tertinggal 0-1, Napoli tidak segera membalas. Malah lebih suka diserang. Mungkin memang begitu anaknya, maunya dilayani tidak mau berusaha sendiri.

Malah mereka cari-cari voucher penalti. Pada menit ke-70-an, Dries Mertens sukses mencuri bola dari Weston McKennie yang hendak menendang. Akibatnya malah kaki Mertens yang ditendang. Penalti pun diberikan.

Sungguh disayangkan. “Nikmat mana yang kamu dustakan” malah dibuang dan disia-siakan Lorenzo Insigne. Tendangannya menyasar ke papan skor.

Napoli baru mulai menekan memasuki menit-menit akhir. Namun terpaksa kebobolan lagi pada menit terakhir lewat serangan balik Juan Cuadrado dan Alvaro Morata. Juve pun mengunci gelar ini dengan girang dan riang gembira.

“Saya merasa sangat gembira, mengangkat trofi pertama saya sebagai pelatih merupakan sesuatu yang berbeda, menurut saya bahkan terasa lebih baik ketimbang sebagai pemain, karena saya memimpin skuat yang hebat dan di klub yang bersejarah. Ini merupakan sesuatu yang indah,” kata Pirlo, disalin dari Okezone.

https://twitter.com/juve_gl/status/1352092668340232192

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here