Proses transfer yang beritanya saja dikatakan sempat membuat saham Juventus meningkat akhirnya terjadi juga. “Si Nyonya Tua” telah bersepakat dengan Real Madrid untuk menyetujui mega transfer Cristiano Ronaldo.

Seperti yang dikutip dari Tirto, bahwa kesepakatan terjadi di angka 105 juta euro atau sekitar 1,9 triliun rupiah. Harga itu naik dari tawaran Juventus sebelumnya yang berkisar 1,6 triliun rupiah.

Hal ini langsung ramai seantero jagad maya. Bahkan lupa kalau ada semifinal Piala Dunia antara Prancis versus Belgia. Mungkin semacam pengalihan isu kemenangan Prancis atas Belgia.

Akun resmi Instagram Real Madrid yang jarang di-endorse oleh makanan kripik pisang mengumumkan kepindahan Ronaldo ke Juventus. Diikuti dengan akun resmi Juventus di media sosial.

“Hari ini Real Madrid ingin mengucapkan terima kasih kepada seorang pemain yang telah terbukti menjadi yang terbaik di dunia dan yang telah menandai salah satu momen paling cemerlang dalam sejarah klub kami dan dunia sepakbola,” tulis Real Madrid dikutip dari Tirto.

https://twitter.com/TrollFootball/status/1016742221691879424

Real Madrid jelas masih untung banyak pada transfer ini. Dibeli dengan harga yang 80 juta euro, kini Ronaldo dijual dengan harga yang lebih mahal 25 juta euro dibanding saat beli. Padahal pemain berwajah ganteng reformis itu sudah berusia 33 tahun.

Coba saja bandingkan dengan handphone Blackberry yang dibeli pada masa itu. Kalau dijual sekarang paling-paling hanya ditawar Indomie satu dus saja.

Benar-benar suatu bisnis yang baik diperagakan oleh manajemen “Los Blancos”. Belum lagi selama delapan tahun berseragam Madrid, Ronaldo selalu mencetak lebih dari 50 gol tiap musimnya.

Ronaldo dikabarkan akan menandatangani kontrak sebanyak empat musim atau hingga tahun 2022. Selain itu, gaji yang diterima Ronaldo mencapai 30 juta per musim dari “Bianconeri” atau 2,5 juta euro per bulannya.

Kalau dirupiahkan, kira-kira mencapai Rp 41,5 miliar. Gajinya setara dengan 662 kali lebih tinggi dari yang diterima oleh Presiden RI, Jokowi, saat ini yang sebesar Rp 62 jutaan total gaji pokok dan tunjangan. Kalau dibelikan Kalkulator Karce kira-kira mendapat 831 ribu buah, bisa dibagikan merata ke penduduk Kota Samarinda.

https://twitter.com/IFTVofficial/status/1016714191816704000

Beberapa alasan Ronaldo pindah diyakini adalah hubungannya yang makin tidak baik dengan Florentino Perez. Kenaikan gaji yang diminta Ronaldo dikatakan tidak disetujui oleh manajemen Madrid. Selain itu Ronaldo yang sempat tersangkut kasus pajak dengan pemerintah Spanyol juga dikatakan jadi salah satu alasannya untuk pindah.

Padahal mungkin dia sudah bosan juara terus di Madrid, jadi mau cari tantangan baru ke Serie A. Padahal kalau mau tantangan baru lebih baik jangan pindah ke Juventus. Dijamin akan lebih menantang jika Ronaldo pindah ke SPAL atau Sassuolo.

Pertanyaan selanjutnya yang banyak muncul di kepala para penikmat sepak bola adalah dapatkah Ronaldo membawa Juventus untuk meraih gelar Liga Champions? Gelar yang jelas sudah sangat dirindukan oleh para penggemar Juventus. Apalagi Gianluigi Buffon yang merasakan tiga kali final tanpa sekalipun bisa menjewer “Si Kuping Lebar”.

Jika melihat performa Juventus yang konsisten beberapa tahun terakhir, dalam lima tahun terakhir mereka sudah dua kali masuk final. Berkaca dari hal tersebut, Juventus sepertinya akan kembali banyak berbicara Liga Champions musim depan. Apalagi ditambah dengan masuknya Ronaldo di lini depan.

https://twitter.com/TrollFootball/status/1016707506775654401

Sekalipun tidak bisa memberikan performa yang maksimal, kehadiran Ronaldo tentu akan membawa energi positif bagi para pemain Juventus. Mental Ronaldo yang telah merasakan tiga kemenangan di final secara beruntun akan sedikit banyak berpengaruh ke rekan-rekannya nanti di Juventus.

Belum lagi pengaruh finansial yang sepertinya bakal tokcer. Manajemen Juve pasti sudah menghitung secara cermat kapan mereka bisa balik modal. Banyak yang bilang kalau tujuan utama Juve membeli Ronaldo adalah karena semata-mata uang.

Ronaldo ibarat kata, meludah saja bisa jadi duit. Nama besarnya bisa bikin pendapatan Juve melonjak. Belum lama ini, baru dua hari kabar pembelian Ronaldo yang masih rumor, saham Juve sudah naik beberapa triliun.

Angka 105 juta euro bukan hal yang mustahil apalagi dicicil dua kali ke Madrid. Yang jadi masalah adalah gajinya yang besarnya tak karuan. Gaji Ronaldo setara dengan lima pemain bergaji paling besar di Juve, Gonzalo Higuain, Sami Khedira, Miralem Pjanic, Paulo Dybala, dan Douglas Costa. Warbiyazah!

Namun, “La Vecchia Signora” diprediksi bakal balik modal hanya dalam satu tahun karena mendapatkan keuntungan dari penjualan jersey , iklan, dan hak siar.

Kemudian lihat saja akun media sosialnya Juve. Baru beberapa jam pengumuman, followers-nya di Instagram sudah naik satu juta. Besar kemungkinan itu adalah fans-fans-nya Ronaldo yang kalau makan rata-rata menggunakan mulutnya.

Permasalahan kini ada di lini belakang Juventus yang ditinggalkan Buffon ke Paris Saint-Germain setelah tidak memperpanjang kontraknya. Tidak ada lagi sosok pemimpin yang membimbing lini belakang Juventus.

Wojciech Szczesny sendiri tidak banyak mendapat menit bermain sebab Buffon lebih sering yang dipasang ketika Juventus memainkan laga penting. Sedangkan Mattia Perin belum teruji kemampuannya setelah didapatkan dari Genoa. Keduanya bahkan belum sekalipun pernah mencetak gol ke gawang lawan.

Main photo: thetrumpdebacle.com

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here