Juventus mengamankan satu gelar musim ini melalui trofi Coppa Italia usai mengalahkan Lazio dengan skor mainstream 2-0. Masih ada dua trofi lagi yang perlu direbut Juve jika mau dapat treble biar bisa sama bangganya dengan fans Inter.

Sejak awal kedua tim memang tak ada yang mau mengalah. Keduanya sama-sama ingin memenangkan trofi Coppa tersebut. Lazio ingin mengulang kesuksesannya pada tahun 2013, sedangkan Juve ingin mempertahankan gelarnya ditambah mencetak sejarah sebagai tim pertama yang meraih gelar tiga tahun berturut-turut.

Namun bagaimanapun, hanya ada satu tim yang berhak meraih trofi. Namanya juga kompetisi. Tidak mungkin juaranya ada dua, kecuali ada insiden sehingga ditentukan sebagai juara bersama.

Sampai pada akhirnya, Juve lah yang berhak memenangkan pertandingan setelah mampu mencetak dua gol sedangkan Lazio tidak mampu berbuat demikian. Yang menarik, semua pencetak golnya adalah pemain belakang. Bahkan sampai yang memberi assist.

Lalu pada ke mana striker-strikernya? Mungkin bukan levelnya striker Juve mencetak gol di ajang ini. Para strikernya tak mencetak gol saja sudah bisa juara. Belagu memang.

Brasil connection antara Alex Sandro dan Dani Alves mampu membuat Juve unggul 1-0 saat laga baru berjalan 12 menitan. Berawal dari aksi berlari Sandro kemudian melepaskan umpan jauh banget yang menyilang dan membelah awan. Ketemulah Alves yang dengan santai menendangnya secara first time ke dalam gawang.

Juve makin membombardir pertahanan Lazio, beruntung lawannya itu punya kiper sebagus Thomas Strakosha. Meski tidak terkenal, ternyata jago juga itu kiper. Beberapa kali mementahkan peluang emas bercampur tahta kerajaannya Juve.

Namun, gawang Strakosha akhirnya bobol lagi setelah tendangan sudut Juve mampu disundul tipis oleh (lagi-lagi) Alex Sandro. Leonardo Bonucci kemudian menyambarnya dengan tendangan normatif dan gol.

Lazio sempat membombardir pertahanan Juve, beruntung lawannya itu punya kiper sebagus Norberto Neto. Meski tak terlalu terkenal, ternyata jago juga itu kiper. Beberapa kali mementahkan peluang emas bercampur tahta kerajaannya Lazio.

Juve akhirnya sukses mempertahankan keunggulan sampai peluit akhir dibunyikan. Peluit ditiup sangat kencang sampai suaranya terdengar ke Indonesia, bahkan Bekasi sekalipun.

Ini merupakan gelar Coppa ke-12 buat Juve, sekaligus menambah koleksi piala-piala di lemari kelas. Bahkan mereka mencetak sejarah sebagai satu-satunya tim yang sukses meraih tiga gelar berturut-turut.

Meski turnamennya sepintas sepele dan dianggap kurang serius, tapi nyatanya tidak gampang meraih tiga gelar beruntun macam itu. Pasalnya, lawan-lawannya juga ingin mengangkat trofi tersebut. Siapa yang tidak mau, semua pasti mau.

“Kami harus memuji para pemain untuk pertandingan yang hebat, babak pertama yang luar biasa dan Lazio pantas mendapat pujian. Ini jawaban Juventus atas hasil buruk pekan kemarin. Sekarang kami tak boleh larut dalam euforia, masih ada laga penting lawan Crotone. Kami butuh semua fans di sana,” ujar pelatih Massimilliano Allegri.

Pemain lawas yang lagi bagus-bagusnya, Dani Alves, berbagi pujian dengan sedulurnya, Alex Sandro. Alves juga tak peduli timnya dirinya main bagus atau tidak, yang penting timnya menang.

“Yang terpenting kami bisa meraih kemenangan. Saya sedikit beruntung. Alex melihat pergerakan saya dan mengirimkan bola yang fantastis, jadi dia juga layak untuk mendapatkan pujian,” ucap pemain yang sudah lama jadi warga negara Brasil itu.

Lazio Kurang Beruntung

Sementara itu, pelatih Lazio, Simone Inzaghi, mengungkapkan kekecewaannya atas kekalahan ini. Dia bilang kalau Lazio sedang sial. Namanya sial biasanya tidak beruntung.

Dari segi kualitas, Inzaghi mengakui memang masih kalah level. Namun, dalam laga itu “I Biancoceleste” beberapa kali merepotkan pertahanan Juve yang ramai kayak bubaran anak sekolah.

“Kami bermain dengan finalis Liga Champions. Namun malam ini kita melihat Lazio sungguh punya banyak kesempatan hanya saja kurang beruntung,” ujar adiknya Filippo itu.

Main photo credit: Jakartakita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here