Jerman diberitakan telah mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Eropa 2024. Meski masih lama, Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB), telah menyiapkan beberapa stadion sampai servis ‘plus-plus’ lainnya buat peserta.

Jerman rencananya akan mengajukan deklarasi pengajuan tuan rumah Piala Eropa 2024 kepada UEFA pada Maret nanti. Adapun batas waktu pengajuan tawaran paling lambat 27 April 2018. Kira-kira masih ada waktu satu tahun lagi buat mikir-mikir. Siapa tahu saja tidak jadi maju karena tidak dapat dana dari partai macam pilpres.

Presiden DFB, Reinhard Grindel, secara terang-terangan bakal kasih servis ‘plus-plus’ jika negaranya terpilih jadi host. ‘Plus-plus’ di sini merupakan servis kelas wahid, bukan yang ada di panti-panti pijat Mangga Besar.

Maklum, Jerman memang cukup berpengalaman mengadakan turnamen beginian. Di Piala Dunia sudah dua kali jadi tuan rumah, sedangkan di Piala Eropa baru sekali yakni pada 1988.

Dilihat dari infrastrukturnya, jelas oke punya. Negerinya Adolf Hitler itu juga cukup makmur dan sejahtera di antara negara-negara Eropa lainnya. Tidak seperti Indonesia yang masih begini-begini saja sejak zaman Iwan Fals masih gondrong.

“Piala Eropa 2024 nanti bisa menjadi proyek utama dan terpenting bagi Sepakbola Jerman. Karena kami akan memberikan pelayanan kelas utama, pekerja terbaik, serta memberikan perhatian yang lebih untuk memastikan proses ini terlaksana secara transparan di 10 kota nantinya,” ujar Grindel dikutip dari Indosport.

Jerman rencananya akan memilih 10 stadion terbaik yang dipilah dan diproses secara terbuka, jujur, dan adil. Jika perlu dilakukan debat kandidat dan disiarkan di NET TV yang dipandu Ira Koesno.

“Kami memiliki infrastruktur yang baik di Jerman, dan kami tahu betul cara untuk merancang kujuaraan ini secara ekonomis dan ramah lingkungan,” sambung Grindel yang dulunya pernah jadi wartawan itu.

Kita tunggu saja aksinya Jerman ini, semoga Piala Eropa 2024 nanti bisa lebih menghibur.

Main photo credit:ESPN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here