Jerman hampir saja meraih poin penuh saat menjamu Spanyol di laga pembuka ajang UEFA Nations League. Tim asuhan Jogi Loew itu gagal mempertahankan keunggulan 1-0 hingga ujung akhir pertandingan akibat tertypu Jose Gaya yang dikira offside.

Pertandingan yang masih belum ada penontonnya itu menyuguhkan pertandingan yang enak dilihat. Kedua tim saling serang, tidak ada yang mencoba mencetak gol bunuh diri dengan sengaja.

Kedua kiper juga bermain baik, David de Gea masih mengeluarkan jurus andalannya menepis pakai kakinya. Sedangkan Jerman menurunkan kiper ketiga, Kevin Trapp.

Mungkin Loew memang mau mengistirahatkan abang-abangan Manuel Neuer yang masih jetlag setelah juara Champions. Sedangkan Marc Andre ter Stegen, entah masih dipercaya atau tidak setelah dibobol delapan dalam satu laga.

Namun Trapp juga bermain baik. Beberapa kali bisa mementahkan serangan Spanyol. Meski beberapa kali bikin dag-dig-dug juga.

Jerman unggul lebih dulu pada menit ke-51 lewat sepakan Timo Werner yang cuma dipandangi saja oleh De Gea. De Gea sadar kakinya tidak seperti kakinya Luffy One Piece yang bisa melar jadi panjang macam karet. Jadi ya cuma dipandangi saja.

Spanyol gantian mau balas kebobolannya. Namun baru bisa membalasnya pada menit 90 plus empat menit. Hanya beberapa detik saja sebelum peluit akhir berbunyi. Jerman pun gagal bergaya.

https://twitter.com/bwin/status/1301626440430034949

Umpan silang dari Ferran Torres sukses disundul Rodrigo, yang secara tak sengaja memberikan assist kepada Gaya yang entah kenapa bisa ada di depan gawang Trapp tak terkawal.

Gaya tinggal meneruskan bola dengan lemah lembut, meninggalkan pemain-pemain Jerman yang pada mengangkat tangan sambil terbengong-bengong.

Pemain Jerman mengira, Gaya yang bukan saudaranya Koi Mil Gaya itu berada dalam posisi offside. Makanya pada angkat tangan semua, kasih tanda kepada wasit.

Ternyata, ada seonggok Robin Gosens yang tergeletak di pinggir lapangan garis gawang sehingga membuat posisi Gaya menjadi onside. Gosens bukan tidur tanpa alasan.

Gosens sebelumnya mencoba mengeblok umpan silang Torres lewat tekelnya. Namun sayangnya luput, dan dia belum sempat berdiri kembali ke posisinya. Alhasil, gol “tipuan” tersebut sah.

“Meski kebobolan menit akhir saya bisa puas, para pemain kami telah memberikan segalanya sampai akhir,” ujar Loew dilansir laman resmi timnas Jerman yang disalin dari Tribunnews.

“Itu adalah pertandingan yang intens dan bagus karena kedua tim telah banyak menciptakan peluang.”

Pelatih Spanyol, Luis Enrique, juga senang bisa menyamakan kedudukan di kandang Jerman walaupun harus dilakukan di menit pamungkas.

“Setelah melihat bagaimana kami berlatih akhir-akhir ini, saya berharap mendapatkan jawaban seperti ini, tentunya saya sangat senang melihatnya,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here