Pertandingan internasional bukan hanya bikin TV rumah sepi karena tak ada pertandingan liga. Tapi juga bikin sepi beberapa klub top Eropa, salah satunya Real Madrid, yang pemain bintangnya ‘numpuk’ kayak mobil di Gerbang Tol Cikarang Utama.

Setidaknya ada 16 pemain Madrid yang harus pulang ke tanah air masing-masing untuk membela tim nasionalnya di kualifikasi Piala Dunia 2018. Di antara ke-16 pemain tersebut, tiga di antaranya, Keylor Navas, Marcelo, dan Casemiro, harus terbang ribuan kilometer untuk mudik.

Navas akan mengudara sekitar 22 ribu kilometer untuk terbang ke Meksiko dan Honduras dalam lawatannya bersama Kosta Rika. Marcelo dan Casemior juga sama, kurang lebih 20 ribu kilometer jauhnya dari Spanyol ke Brasil untuk menghadapi Paraguay. Tentu saja, jarak tersebut masih lebih jauh dibanding jarak Jakarta ke Bekasi.

Berhubung ada 16 pemain yang ‘capcus’ membela negaranya, maka skuat Madrid yang menjalani latihan beberapa hari ke depan akan terasa sepi kayak di kuburan. Apalagi kalau kuburannya angker kayak Jeruk Purut yang katanya ada Pastur Buntung.

Total skuat utama Madrid ada 24 orang, sehingga dengan ‘kabur’-nya 16 pemain kini hanya tinggal delapan orang saja yang tersisa. Kedelapan pemain itu adalah Karim Benzema, Lucas Vazquez, Kiko Casilla, Marco Asensio, Ruben Yanez, Mariano, Danilo, dan Fabio Coentrao.

Mau buat satu tim saja juga orangnya tak cukup, apalagi main dua gawang. Alhasil cuma bisa main ‘kucing-kucingan’ saja atau lebih baik bikin kompetisi PES. Kecuali mau digabung dengan skuat junior dan Real Madrid Castilla atau bisa juga ajak anak-anak dari kampung sebelah.

Hasil gambar untuk real madrid training ground
Kalau lagi jeda internasional, yang latihan paling hanya beberapa orang saja. (Source: Zimbio)

Meski sepi, hal itu jadi nikmat tersendiri bagi pelatih Zinedine Zidane. Waktu jeda internasional bisa dimanfaatkan oleh pelatih botak moderat itu untuk istirahat. Mungkin dia lelah.

Pada dasarnya istilah “jeda internasional” itu bukan buat pemain karena bagi pemain yang dipanggil timnasnya tetap tidak ada waktu istirahat. Bahkan harus naik pesawat ribuan kilo jauhnya kayak tiga pemain yang kurang beruntung tadi. Tapi istilah itu lebih lekat untuk jajaran pelatih klub.

“Mereka menyebutnya dengan jeda internasional. Tapi itu bukan untuk semua pemain. Beberapa pemain akan terlibat di pertandingan bersama timnas masing-masing. Saya bisa beristirahat, tapi mereka tidak,” kata Zidane, dilansir AS. 

Hasil gambar untuk real madrid training ground
Ciudad Real Madrid, tempat latihannya Madrid. (Source: Zimbio)

Main photo credit: TravelDigg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here