Bagai petir di siang bolong, tidak ada angin, tidak ada hujan, apalagi melihat Nikita Mirzani berhijab, Bayern Muenchen sangat terkejut dengan keputusan cepat Philipp Lahm. Sang kapten telah memutuskan akan pensiun pada akhir musim ini.

Bukannya tidak ikhlas kaptennya itu akan pensiun, Muenchen sebal dengan sikap Lahm yang tidak memberitahukan manajemen lebih dulu. Pensiun memang hak masing-masing pemain, mau pensiun usia 21 tahun atau 61 tahun juga boleh.

Setelah pensiun, si pemain ingin jadi pelatih, berbisnis, atau main-main ke Alexis juga dipersilakan saja. Tidak ada aturan yang mengikat bagi sebuah klub jika pemain yang pensiun harus ini atau itu.

Lahm yang baru berusia 33 tahun mempublikasikan rencana gantung sepatu usai pertandingan Muenchen melawan Wolfsburg di DFB Pokal. Pemain yang juga pernah pakai ban kapten tim nasional Jerman itu menegaskan akan pensiun akhir musim ini dan menolak tawaran klub menjadi direktur.

Rupanya, Muenchen merasa dilangkahi. Mau pensiun tidak bilang-bilang. Parahnya Lahm langsung mempublikasikan rencananya itu tanpa sepengetahuan pihak klub.

“Kami terkejut melihat langkah Lahm. Dia harusnya berkonsultasi dulu dengan kami. Dengan begitu, kami bisa mengumumkannya bersama-sama,” kata CEO Muenchen, Karl-Heinz Rummenigge, dikutip dari Soccerway.

Rummenigge merasa hubungan spesial mereka harus diakhiri dengan baik. Bukan seperti itu. Bikin rencana sendiri tanpa sepengetahuan klub. Padahal, mereka sudah berjanji sehidup semati. Janji Suci kalau katanya Yovie & The Nuno.

Lahm memang produk asli akademi Muenchen meski sempat dipinjamkan ke Stuttgart selama dua musim pada 2003-2005. Dia juga menjadi langganan tim nasional Jerman mulai dari yang junior banget U-17 sampai yang senior.

Selama berkarier bersama FC Hollywood, pemain bertubuh mungil dan bermuka imut itu sudah bertanding sebanyak 501 kali, mencetak 16 gol dan 70 assist.

Rummenigge sebenarnya sudah dapat info dari Lahm soal kabar pensiun ini. Tapi tidak menyangka dia akan mengumumkannya duluan. “Lahm sudah memberitahu kami pekan lalu, tapi sebaiknya ditunda dulu pengumumannya karena kami punya banyak laga penting,” ujarnya.

Muenchen sendiri masih berharap Lahm dapat kembali ke klub, entah sebagai apa. Yang penting kembali ke Allianz Arena meski hanya duduk-duduk di bangku VIP sambil makan kue cucur.

“Kami terkejut, bukannya marah. Kami tetap menghormati Lahm. Dia sosok penting di klub ini. Semoga dia bisa kembali dengan kapasitas lain,” tambah Rummenigge.

Main photo credit: Sports Illustrated 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here