Supercopa de Espana alias Piala Super Spanyol dipastikan akan jalan-jalan ke luar negeri selama tiga tahun ke depan. Mulai edisi 2020 nanti, Supercopa untuk pertama kalinya akan digelar di luar Spanyol dan diselenggarakan di Arab Saudi untuk tiga tahun ke depan.

Turnamen yang mempertemukan para jawara kompetisi di Spanyol ini sebelumnya selalu digelar di dalam negeri.

Seharusya senang Supercopa ini untuk pertama kalinya akhirnya mereka ke luar negeri. Sekali-sekali jalan-jalan tidak apa-apa.

Kalau bisa, diadakan tour setiap tahunnya. Siapa tahu saja suatu saat nanti bakal main di Pigeon Stadium alias Stadion Merpati, Jl. Gelatik Raya No.43 Depok, Jawa Barat 16432. Jadi kita sebagai negara berflower +62 bisa melihat para bintang La Liga dari dekat.

Selama tiga musim ke depan atau dari tahun 2020 hingga tahun 2022 mendatang, Supercopa dipastikan akan digelar di Arab Saudi.

“Piala Super Spanyol akan digelar di Arab Saudi selama tiga tahun ke depan dan akan digelar di musim dingin dengan tujuan mengurangi kepadatan jadwal, seperti yang selama ini diserukan para pemain dan klub,” bunyi pernyataan RFEF (Federasi Sepakbola Spanyol) dilansir dari Detik.

Keputusan ini jelas mengundang kontroversi. Namun RFEF beralasan hal tersebut dilakukan untuk mendukung ambisi Spanyol menggelar Piala Dunia 2030.

Semoga saja menonton Supercopa nantinya tidak terasa seperti streaming via Yalla yang komentatornya terkenal dengan kehebohannya.

https://twitter.com/rfef/status/1193918939547537408?s=20

RFEF menolak untuk mengungkapkan nilai kesepakatan dengan otoritas Arab Saudi untuk penyelenggaraan Supercopa. Namun disinyalir RFEF mendapat sekitar 35-40 juta euro setiap diadakannya kompetisi.

Presiden UEFA sempat mengimbau agar laga-laga sepakbola tidak digelar di negara yang tidak menghormati hak-hak dasar perempuan. Namun RFEF menyampaikan bahwa pertandingan bisa disaksikan oleh suporter perempuan.

“Perempuan Arab Saudi akan diperbolehkan menyaksikan tiga pertandingan itu secara bebas, tanpa batasan dan memakai pakaian apapun yang dirasa pantas,” bunyi pernyataan tersebut.

Ajang ini juga akan menerapkan format baru pada penyelenggaraannya. Jika sebelumnya pertandingan digelar antara juara La Liga dengan juara Copa del Rey, kini ada tambahan peserta.

Biar meramaikan suasana tentunya. Rugi juga Arab Saudi sudah bayar mahal-mahal hanya dapat satu pertandingan.

Kali ini, Barcelona, Valencia, Atletico Madrid dan Real Madrid akan mengikuti turnamen tersebut. Barcelona mewakili juara La Liga dan runner-up Copa, Valencia dari juara Copa, kemudian Atletico adalah runner-up La Liga dan satu jatah lainnya untuk Real Madrid yang finis posisi ketiga La Liga.

Main photo: Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here