Terungkap sudah mengapa penampilan Henrikh Mkhitaryan pada awal musim kurang bersinar. Bukan karena tidak minum obat kuat macam Extra Joss Blend yang iklannya sampai tumpah-tumpah itu, melainkan karena Manchester United (MU) bukan klub idamannya.

Mkhitaryan yang namanya agak susah dieja itu memang dibeli MU dari Borussia Dortmund dengan harga cukup mahal, 42 juta euro. Dibayar tunai, tidak pakai kartu kredit BCA.

Namun, pemain asal Armenia itu kurang mengesankan pada awal musim. Dia banyak absen karena cedera yang datang tak diundang, pulang tak dijemput. Bahkan pada 12 pertandingan pertama, menit bermainnya cuma 1 jam 45 menit saja. Beda tipis dengan durasi film ‘Surga yang Tak Dirindukan 2’.

Padahal, selama di Dortmund penampilannya cukup bikin ngiler pelatih-pelatih klub pesaingnya. Dari 140 pertandingan, dia mengoleksi 41 gol dan 49 assist.

Tapi saat pindah ke Old Trafford, Mkhitaryan malah kehilangan gigi. Pemain berusia 28 tahun itu harus berusaha meyakinkan sang pelatih, Jose Mourinho, supaya dapat satu kursi di skuat utama.

Usut punya usut, Mkhitaryan sepertinya memang kurang sreg saat pindah ke MU. Dia tidak se-excited pemain-pemain lainnya yang sudah lama memimpikan klub berjuluk ‘Setan Merah’ itu.

Dia mengaku kalau MU bukan tim impiannya. Mungkin semacam dijodohkan oleh kedua orang tuanya, padahal tidak suka-suka amat dengan pasangan yang dijodohkannya itu.

“MU mungkin bukan tim impian saya. Tapi mereka selalu ada di antara klub-klub terbaik di dunia. MU adalah klub lebih besar dari Dortmund, jadi semua orang tahu itu dan saya harus menerimanya,” ujar Mkhitaryan, sepertinya rada terpaksa.

Namun, Mkhitaryan sudah melupakan kisah perjodohan ala Siti Nurbaya-nya itu. Dia mulai menerima takdirnya sebagai pemain MU dan memberikan yang terbaik.

Dalam tujuh laga terakhir di Liga Primer, Mkhitaryan mulai mendapat kepercayaan dari Mou dan sudah mencetak dua gol dan satu assist. Posisinya mulai tak tergantikan.

“Jelas ini merupakan tantangan baru buat saya dan saya tak bisa menolak,” tambah Mkhitaryan, dikutip dari Sport Bild. 

Main photo credit: Sky Sports

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here