Pemain muda Ansu Fati, berhasil mencuri perhatian kala menjalani laga debutnya bersama tim senior Barcelona. Selain tampil cukup bagus, Ansu Fati juga mencetak sejarah sebagai pemain termuda yang tampil untuk Barcelona di La Liga.

Laga itu sendiri berakhir dengan kemenangan Barcelona 5-2 atas tamunya. Ansu Fati kemudian masuk di menit ke-78 sebagai pemain pengganti. Ia turun ke lapangan menggantikan pemain muda lainnya, Carlez Perez.

Tampil di laga itu, Ansu Fati mencatatkan sejarah sebagai pemain paling muda yang bermain untuk Barcelona.

Memang usianya masih muda sekali. Baru seusia anak kelas enam SD yang tidak naik kelas hingga empat kali. Kalau sekolahnya naik terus, Ansu Fati mungkin sudah kelas dua SMA. Tapi terserah Ansu Fati saja mau masuk SMA atau STM.

Kalau anaknya suka mempelajari sesuatu dengan langsung melakukan praktek, cocoknya masuk STM dia. Pulang sekolah biasanya juga sering jalan-jalan anak STM ini dengan mampir ke sekolah-sekolah lain sambil membawa gir dan semacamnya.

Ansu Fati tepatnya berusia 16 tahun dan 298 hari saat turun ke lapangan sebagai pemain pengganti. Dibanding dengan pemain mega bintang cyborg super super ultra jago milik Barcelona, Lionel Messi baru membela tim senior Barcelona di usia 17 tahun 115 hari.

https://twitter.com/brfootball/status/1165989682087366656

Sementara Ansu Fati hanya terpaut 20 hari dari Vicenc Martinez yang menjadi pemain termuda yang membela Blaugrana di La Liga. Martinez menorehkan hal tersebut pada musim 1941-1942.

Artinya Ansu Fati telah mematahkan rekor yang telah bertahan selama kurang lebih 78 tahun lamanya.

Andai nantinya Barcelona memainkan pemain dengan usia yang lebih muda darinya seperti pemain umur lima tahun, maka rekor Ansu Fati tersebut akan dipastikan terpatahkan.

Sepanjang laga itu Ansu Fati juga bermain cukup bagus. Tercatat ia melepaskan 14 operan dengan 13 yang sukses dari 12 menit.

Meski tampil merepresentasikan Barcelona, namun pada masa lalu Ansu Fati hampir saja bergabung dengan klub ibu kota.

Tentu saja ibu kota Spanyol, bukan ibu kota negara +62 yang sebentar lagi akan pindah. Ayah Ansu Fati mengatakan ia mendapat tawaran dari Real Madrid, meski pada akhirnya tidak mengambilnya.

“Saya mendapat tawaran dari Madrid untuk uang yang banyak, tetapi Albert Puig datang dan mengatakan kepada saya bahwa mereka adalah Barca dan mereka memiliki proyek,” ungkap ayah Fati, Bori dikutip dari Liputan6.

“Dalam beberapa tahu saya akan melihatnya disana. Kami tahu dia bekerja keras tapi kami tidak dapat membayangkan bila dia dapat bermain dengan binatang buas ni. Berlatih bersama Gerard Pique,” tegas Bori.

Main photo: @barcatimes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here