Teka-teki pengganti Zinedine Zidane akhirnya sudah terjawab. Tidak ada orang yang berhasil memenangkan tebak-tebakan berhadiah 2 Juta Rupiah ini dari White Coffee. Real Madrid resmi mengumumkan Julen Lopetegui jadi pelatihnya.

Penunjukan Lopetegui terbilang cukup mengagetkan meski tak sampai latah “Ayam..ayam“. Pasalnya, nama pria yang jago banget bahasa Spanyolnya sejak anak-anak itu tidak nongol di bursa kepelatihan Madrid. Tak tercium bau-bau basiannya.

Julen Lopetegui yang bakal akrab disapa J-Lo memang tak seseksi Jennifer Lopez apalagi Jelly Jelo. Sangat dahsyat kalau nama yang terakhir itu. Namun, ternyata masih tetap menarik di mata Madrid.

Sebelumnya, Real Madrid lebih sering dikaitkan dengan Mauricio Pochettino, Antonio Conte, atau Massimiliano Allegri. Namun, ketiga pelatih tersebut menolak tawaran Madrid. Entah kenapa, mungkin terlalu agresif PDKT-nya. Baru kenal sudah ajak nonton.

Madrid akhirnya mendapatkan jasa Lopetegui yang rencananya bakal tiba di Madrid nanti seusai Piala Dunia 2018. Memang rada bahaya kalau kursi kepelatihan dibiarkan kosong sampai berbulan-bulan. Nanti musim depan, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan kasihan tak ada yang melatihnya. Masak cuma mungut-mungut bola saja kayak anak SSB.

Kiprah pria berusia 51 tahun alias setengah abad lebih sedikit itu dalam menangani timnas menjadi alasan utama bagi Madrid untuk merekrutnya. Lopetegui berhasil membuat “La Furia Roja” tidak terkalahkan pada kualifikasi Piala Dunia 2018.

Berhubung Lopetegui dulunya seorang kiper, dia juga sukses membuat gawang David de Gea tidak dibobol oleh anak gawang dan wasit pertandingan.

“Real Madrid menunjuk Julen Lopetegui sebagai pelatih baru. Lopetegui akan bergabung dengan tim seusai tugasnya bersama timnas Spanyol di Piala Dunia 2018,” tulis pernyataan resmi Real Madrid dalam akun Twitternya.

https://twitter.com/ChampionsLeague/status/1006559605793677313

Los Blancos” juga mesti membayar kompensasi penebusan ke timnas Spanyol sebesar Rp 32 miliar meski dibayarnya bukan pakai mata uang rupiah. Kenapa begitu? Timbul pertanyaan.

Soalnya Lopetegui masih terikat kontrak dengan timnas Spanyol dan kontraknya baru diperpanjang bulan lalu. Jadi, Madrid mesti membayar sisa bulan kontrak yang baru saja diperpanjang itu. Lumayan rada buang-buang uang memang, tapi namanya orang kaya mah bebas. Mau kayang di motor Mio juga boleh.

“RFEF akan menerima biaya dari klausul jadi sang pelatih dapat menandatangani kontrak untuk Real Madrid,” tulis pernyataan RFE dilansir Liputan6. 

Lopetegui dulunya pernah bermain untuk Madrid meski gagal. Di Barcelona juga pernah tapi gagal juga. Dia lebih banyak main bersama Rayo Vallecano dan Logrones.

Meski kariernya sebagai pemain tak sekinclong jendela kantor kecamatan, tapi sebagai pelatih dia lumayan sukses. Lopetegui yang berwajah ganteng konvensional itu selalu naik pangkat sejak menangani timnas.

Mulai dari timnas U-19 dibawa juara Eropa, naik jadi U-21 dibawa juara Eropa lagi. Kini naik pangkat jadi timnas senior. Mampukah ia mengangkat Piala Dunia? Tunggu saja kiprahnya nanti.

Main photo: @Donaldrex

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here