Italia sukses memastikan diri mendapatkan satu tiket ke putaran final EURO 2020 mendatang. Kesuksesan ini membawa berkah bagi sang pelatih, Roberto Mancini, yang kontraknya resmi diperpanjang hingga 2022 nanti.

Perjalanan Italia di babak kualifikasi EURO 2020 memang berjalan mulus tanpa hambatan macam jalan tol sudah jadi tapi belum dibuka untuk umum.

Tergabung dalam Grup J, Italia berhasil menyapu bersih semua laga yang dijalani dengan kemenangan. Terahir Italia kembali menang saat menjamu Yunani pada laga yang digelar di Olimpico Roma.

Total Italia meraih 21 poin hasil dari tujuh laga yang dimainkan. Secara statistik Italia juga cukup mengesankan dengan catatan 20 gol dan hanya tiga kali membiarkan lawan melakukan selebrasi alias mencetak gol.

Bahkan apabila dihitung dengan pertandingan internasional lain, Italia meraih delapan kemenangan beruntun. Lebih jauh lagi, Italia tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan terakhirnya.

Catatan ini membuat Mancini menyamai raihan para pelatih legendaris Italia lain macam Giovanni Trapattoni dan Ferruccio Valcareggi yang mampu membawa Italia tak terkalahkan dalam tujuh laga resmi secara beruntun.

https://twitter.com/IFTVofficial/status/1170351203433291777

Dengan sisa tiga laga di grup, Mancini bahkan bisa memecahkan rekor Vittorio Pozzo yang sempat mencatatkan sembilan huruf W alias kemenangan beruntun bagi Italia pada kurun waktu tahun 1938-1939.

Hal tersebut nyatanya membuat federasi sepak bola Italia puas. Mereka pun memperpanjang kontrak Mancini tanpa harus dibawa ke Mak Erot, selama tiga tahun atau hingga 2022 mendatang. Meski demikian Mancini disebut juga memiliki hak untuk memutus kerja sama lebih dini.

Mancini sendiri diyakini akan terus berkomitmen untuk menangani timnas Italia hingga Piala Dunia 2022 mendatang yang bakal digelar di Qatar.

Keberhasilan Mancini juga menuai pujian salah satunya dari mantan penggawa timnas Italia, Gabriele Oriali. Mancini disebut mampu menghadirkan nuansa tenang dan penuh kegembiraan dalam tim.

“Mengingat pentingnya permainan ini, tentu saja ada banyak orang yang datang ke stadion. Kami senang dan berharap dapat memberikan mereka sesuatu untuk dinikmati, yang berpuncak pada sebuah kemenangan,” kata Oriali dikutip dari Detik.

Main photo: raisport.rai.it

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here