Italia gagal memaksimalkan poin penuh saat bertanding di laga pembuka lawan Bosnia Herzegovina. Selidik punya selidik, skor imbang 1-1 itu terjadi karena buah kebodohan pelatih Italia sendiri, Roberto Mancini.

Entah gimana, Mancini rupanya salah pasang line up saat melawan Bosnia. Memang, line up sangat jauh berbeda dengan prediksi yang sudah dibikin media-media luar sana.

Contohnya, Nicolo Zaniolo tidak jadi dipasang dan paling fatal adalah tidak memasang kapten Giorgio Chiellini, malah menurunkan bek pelapis Francesco Acerbi.

Ternyata, Mancini, mungkin karena sudah mulai siwer, salah lihat line up yang disodorkan kepadanya. Jadi, Mancini sudah membuat dua line up untuk dua pertandingan. Sepertinya, susunan line up untuk lawan Bosnia tertukar dengan laga berikutnya lawan Belanda. Kemungkinannya begitu.

Saat disodorkan, Mancini main “iya-iya” saja, tidak dicek lebih detail. Dikiranya sudah benar itu susunan pemainnya. Macam pejabat negara saja cuma asal tanda tangan doang tanpa lihat apa yang ditanda tanganinya.

Yang kocaknya, ketika mau mulai main dia bingung sendiri kenapa tidak ada Chiellini di starter. Akhirnya dia mengaku kebodohannya. Mancini mencoba melobi UEFA, namun ternyata tidak bisa. Acerbi hanya bisa diganti kalau cedera.

“Itu salah saya. Mereka menunjukkan susunan pemain, saya tidak memakai kacamata dan mengatakan tak masalah. Saya tidak melihat ada nama Acerbi di sana dan bukan Chiellini,” ujar Mancini dikutip dari Football Italia yang disalin dari Detik.

“Kami awalnya merencanakan Acerbi untuk bermain di satu pertandingan dan Chiellini di laga yang lainnya. Saya telah bertanya kepada Giorgio apakah dia ingin bermain hari ini atau Senin saat menghadapi Belanda, katanya hari ini, tetapi kini kami harus menukarnya.”

Hasilnya, Italia memang kebobolan duluan lewat gol Edin Dzeko. Beruntung bisa disamai oleh Stefano Sensi yang dilihat dari namanya bawaannya sensi terus.

Kasihan sekali itu kacamata. Enggak salah apa-apa disalahin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here