Italia memastikan diri melangkah ke final Piala Eropa untuk kesekian kalinya usai menundukkan Spanyol dalam drama adu penalti. Keduanya harus mengakhiri laga tersebut sampai babak voucher tos-tosan karena keduanya tak ada yang mau mengalah.

Italia memang bisa dibilang rajin melangkah ke final Euro dalam dekade ini. Dalam 5 edisi terakhir, dua di antaranya bisa sampai final. Kalau sama Euro ini berarti final ketiga. Kalau ditotal, jadi final keempat.

Namun dari kedua final Euro tersebut, mereka selalu gagal jadi juara. Terakhir bahkan dibantai oleh Spanyol 0-4. Malu-maluin saja.

Di laga ini, Spanyol memang lebih banyak menekan dan tampil dominan. Italia akhirnya kembali menjadi Italia lagi lantaran disuruh main bertahan dan cuma mengandalkan serangan balik.

Meski demikian, Italia mampu unggul duluan pada menit ke-60 lewat serangan balik yang digawangi Lorenzo Insigne. Dia memberikan umpan kepada Ciro Immobile tapi dipotong oleh Aymeric Laporte.

Bola potongan tanpa gunting itu lalu dikuasai kembali oleh Federico Chiesa. Chiesa kemudian mengeluarkan jurus tendangan placing R2 kotak yang cuma dipandangi saja oleh Unai Simon. Bukannya ditepis, tapi malah dipandangi. Ada-ada saja ini Simon.

Spanyol pun segera memasukkan pria yang jadi buah bibir di laga ini. Seonggok pria ganteng bernama Alvaro Morata.

Lewat aksi individunya menggiring dari tengah, dia tektokan sama Dani Olmo untuk melakukan jurus “osore wancu”. Bola diterima lagi oleh Morata dan dengan enak diceploskan saja ke gawang Gigi Donnarumma.

Skor 1-1 akhirnya bikin kedua tim tak mau mengalah. Akhirnya dilanjutkan babak adu penalti. Kedua penendang pertama kedua tim sama-sama gagal. Sampai tibalah penendang keempat bernama Morata.

Morata yang sempat dielu-elukan publik Spanyol, mendadak bikin bete lagi. Tendangannya gagal lantaran ditepis Donna. Jorginho yang jadi eksekutor terakhir, sukses memperdaya Simon dengan penalti lompat kocaknya.

Italia pun melaju ke final, girang bukan kepalang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here