Sebuah tragedi baru-baru ini terjadi di Italia yang memakan banyak korban jiwa. Sebuah jembatan di Genoa ambruk pada hari Selasa (14/8/2018) lalu dimana sedikitnya lebih dari 30 orang dinyatakan menjadi korban jiwa. Atas kejadian tersebut, Serie A memutuskan untuk menunda beberapa pertandingan untuk menyatakan rasa berkabung terhadap korban.

Jembatan Morandi runtuh setelah beberapa saat sebelumnya diterjang hujan badai. Beberapa kendaraan yang melintas ikut jatuh dari ketinggian sekitar 45 meter. Seperti yang dikutip dari Liputan6 yang juga mengutip dari BBC, sekitar 300 petugas pemadam kebakaran dikerahkan dari seluruh Italia.

Anjing pelacak dan tim dengan climbing gear  juga diturunkan dalam upaya pencarian korban reruntuhan.

Laporan yang beredar mengatakan bahwa terdengar sayup-sayup suara tangisan dari orang yang masih selamat namun terjebak di bawah puing-puing.

Ratusan orang di sekitar tempat kejadian juga terpaksa dievakuasi. Mencegah memang lebih baik dari pada mengobati. Sebab dikhawatirkan bagian lain dari jembatan akan ikut roboh nantinya.

Jembatan itu sendiri sudah dibangun sejak tahun 1960-an dan berada di jalur penting perlintasan barang ke pelabuhan setempat. Jembatan ini juga menghubungkan Italian Riviera dan pantai selatan Prancis.

Seperti yang diketahui bahwa Genoa merupakan kota asal dua klub Serie A yaitu Genoa dan Sampdoria.

Kedua tim itu pun meminta kepada Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) untuk menunda pertandingan pembuka Seria A yang akan berlangsung di akhir pekan ini. Sampdoria sendiri secara resmi telah meminta penundaan tersebu, sementara kelompok suporter Genoa juga menyatakan tak akan hadir jika Genoa tetap melangsungkan pertandingan melawan AC Milan.

FIGC pun secara resmi akan menunda kedua pertandingan tersebut. Hal itu disampaikan Presiden Lega Serie A yaitu Geatano Micciche.

“Kami meminta untuk menunda pertandingan Sampdoria dan Genoa yang sedianya dimainkan pada Minggu (19/8/2018) akibat tragedi di Kota Genoa. Hal itu juga diputuskan setelah menerima persetujuan dari Fiorentina dan AC Milan,” demikian pernyataan pihak Lega Serie A.

“Jadwal baru dua laga pertandingan akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang, sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tulis pernyataan resmi tersebut seperti dikutip dari Kompas.

Sementara itu delapan pertandingan sisa lainnya tetap akan berlangsung. Hanya, untuk mengenang dan menghormati para korban, FIGC akan memberlakukan mengheningkan cipta semenit pada semua pertandingan.

“Dalam semua pertandingan pada pekan perdana Liga Italia akan dilangsungkan mengheningkan cipta selama satu menit dan setiap tim akan mengenakan ban hitam di lengan mereka,” tulis pernyataan resmi Lega Serie A.

Main photo: genoasamp.com

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here