Spanyol menjalani laga cukup dramatis kala bertandang ke Frinds Arena untuk menhadapi Swedia. Sempat tertinggal satu gol, “La Furia Roja” memaksa laga berakhir imbang 1-1 setelah menyamakan kedudukan di masa injury time.

Walau hanya bermain imbang, tapi hasil ini cukup membuat Spanyol auto-senang. Sebab hasil imbang ini cukup untuk memastikan Spanyol lolos ke putaran final EURO 2020.

Sebab apabila kalah di laga itu, Spanyol masih H2C alias harap-harap cemas. Kekalahan di dua pertandingan sisa, sementara Swedia dan Romania terus meraih kemenangan akan membuat seluruh pemain Spanyol terpaksa hanya jadi penonton setia EURO saja.

Untungnya tidak perlu begadang dan menyiapkan kopi karena pertandingan digelar juga di Eropa nantinya. Tapi tentu tidak seru kalau hanya menjadi penonton saja.

Kini dengan 20 poin yang didapat Spanyol, mereka dipastikan lolos ke putaran final karena sudah pasti berada di peringkat kedua andai di dua pertandingan selanjutnya kalah.

Mau memainkan pemain-pemain usia muda yang skill-nya masih kocak-kocak juga terserah Spanyol saja. Sudah pasti lolos mah bebas.

Swedia mengikuti di posisi kedua dengan selisih lima poin, sementara Rumania memiliki jarak enam angka dari Spanyol.

Spanyol menjadi negara keenam yang dipastikan lolos ke putaran final setelah Belgia, Italia, Rusia, Polandia, dan Ukraina.

https://twitter.com/Sporf/status/1184210185759256577

Pada jalannya laga tersebut, negara asal dari ‘Dewa Zlatan’ itu memimpin terlebih dahulu di menit ke-50 melalui Marcus Berg. Gol bermula setelah Emil Forsberg mendapat bola liar di muka gawang.

Tinggal nyebok doang padahal, tapi David De Gea tangannya cepat sekali macam copet Tanah Abang. Bola sempat ditepisnya. Sayang bola kemudian mengarah ke Berg yang dengan tengan menyundulnya ke arah gawang.

Berita buruk didapat timnas Spanyol, apalagi Emyu, setelah De Gea menderita cedera di menit ke-62 dan digantikan Kepa Arrizabalaga.

Usaha pantang menyerah dari Spanyol akhirnya berbuah gol di menit injury time. Tendangan Fabian Ruiz ke tengah kotak penalti yang sedang ramai macam anak SD sedang bubaran sekolah, mampu dibelokan Rodrigo menjadi gol. Skor akhir 1-1 untuk kedua tim.

Pelatih Robert Moreno mempersembahkan kelolosan Spanyol ke putaran final kepada Luis Enrique yang mengundurkan diri dari kursi jabatan di bulan Juni lalu.

“Malam ini kami dedikasikan kesuksesan kami untuk Luis Enrique dan keluarganya,” ujar Moreno seperti dilansir dari Detik.

“Kerjanya bersama tim ini sudah menempatkan kami di posisi yang sangat baik dan kami berterima kasih kepadanya.”

“Saya juga berterima kasih kepada Presiden RFEF Luis Rubiales karena memberi saya kesempatan untuk melatih tim ini.”

https://twitter.com/Sporf/status/1184243508275744768

Main photo: @sporf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here