Tak ada yang mengenal nama Kwang-Song Han sebelum pemain Cagliari itu mencetak gol perdananya di Seri A saat menjamu Torino. Maklum, dia berasal dari Korea Utara, negara anti-mainstream bagi dunia sepak bola Italia.

Seri A memang pernah kedatangan Ahn-Jung Hwan pada tahun 2000-an ketika bermain di Perugia. Namun, pemain yang jadi biang kekalahan Italia di Piala Dunia 2002 itu seolah diusir dari Negeri Pizza gara-gara insiden tersebut.

Beberapa belas kemudian, hadirlah seorang Korea yang baru. Namun, kali ini berasal dari negaranya Kim Jong Nam. Bukan dari Korea Selatan seperti Jung Hwan.

Song Han jadi pemain Korea Utara (Korut) pertama yang bermain di Seri A dengan membela Cagliari. Dia bahkan membuat gol saat melawan Torino.

Han melakukan debut pertamanya bagi Cagliari sekaligus di Seri A. Awalnya dia cuma status trial alias coba-coba saja di Cagliari. Ternyata, pelatih Massimo Rastelli memberikannya sebuah kesempatan emas bercampur intan permata.

Gol yang dicetaknya terjadi pada menit ke-95, masa-masa kritis di ujung tanduk pertandingan. Song Han menerima umpan dari rekannya yang entah namanya siapa, kemudian dengan santai menyundul bola ke gawang menjebol Joe Hart.

Sayang, gol tersebut tidak menghindarkan Cagliari dari kekalahan. Klub bernuansa merah-biru kayak kostum Spiderman itu tetap kalah 2-3 dari Torino.

Pemain berusia 18 tahun yang baru dapat KTP itu senang dengan gol pertamanya. Tentu saja, siapa sih yang tidak senang dan bangga bisa mencetak gol pertama di kompetisi sekelas Seri A. Jangankan Seri A, main tarkam saja juga namanya bikin gol pasti senang.

“Saya sangat senang dengan gol pertama saya. Di sini saya merasa seperti di rumah sendiri,” ujar Song Han, dalam bahasa Korea, bukan bahasa Jawa.

Dia merasa di rumah sendiri, tentu bahaya kalau Cagliari dianggap sebagai Korea Utara. Bisa-bisa ada Kim Jong Nam KW di pulau Sardinia itu.

“Saya mencoba mengikuti instruksi pelatih. Saya bisa bergaul dengan baik dengan rekan tim. Tujuan saya? Saya masih harus belajar, saya akan melangkah sejauh mungkin,” sambungnya.

Main photo credit: Alghero News Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here