Teka-teki pelatih baru Paris Saint-Germain (PSG) musim depan terjawab sudah tanpa harus menggunakan phone a friend, ask the audiens, ataupun 50:50 karena bukan sedang ikut acara Who Wants to Be a Millionare. Thomas Tuchel dinobatkan sebagai pilihan PSG.

Beberapa waktu yang lalu, Unai Emery memang menyatakan akan segera hengkang dari PSG setelah musim ini berakhir. Entah keinginan sendiri atau dipaksa pergi, hanya mereka dan Tuhan yang tahu.

“Saya berterima kasih kepada Presiden Nasser Al-Khelaifi, Direktur Olahraga Antero Henrique, suporter, dan para pemain selama dua musim ini,” ungkapnya seperti dikutip dari Detik.

Emery sendiri direkrut “Les Parisien” pada 2016 silam menyusul kesuksesannya membawa Sevilla juara Liga Eropa selama tiga musim berturut-turut. Satu hal yang sangat sulit diraih oleh pelatih macam Rexy Mainaky ataupun Herry Iman Pierngadi meski membawa Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon menjadi juara dunia.

Kegagalan di ajang Champions dikatakan sebagai penyebab pria asal Spanyol yang tidak pernah menyanyikan lagu kebangsaan Spanyol sebab memang tidak ada liriknya tersebut, mengundurkan diri dari jabatannya.

PSG pun kini langsung gercep mencari pengganti Emery. Sebelumnya nama beberapa pelatih seperti Arsene Wenger dan Antonio Conte sempat dirumorkan akan merapat ke raksasa asal Paris tersebut.

Namun namanya rumor memang biasanya kerjaan media saja. Kalau mau Vicky Prasetyo juga bisa tiba-tiba masuk ke bursa pelatih baru PSG dengan beberapa teori cocoklogi.

Pilihan akhirnya jatuh kepada mantan pelatih Borussia Dortmund, Mainz 05, dan FC Augsburg II yang lebih dikenal sebagai Thomas Tuchel. Pelatih yang baru berusia 22 tahun dikali dua resmi diumumkan sebagai nahkoda baru raksasa Ligue 1 melalui situs resminya.

Kontrak yang ditawarkan oleh PSG pun tidak selama seperti jika diterima menjadi PNS yaitu hingga usia 56 tahun baru pensiun. Tuchel juga statusnya hanya pegawai kontrak, belum pegawai tetap. Dia disodori kontrak selama dua tahun dan dikabarkan diberikan gaji  sebesar 8 juta euro per musimnya.

Konfirmasi tersebut sekaligus menepis isu Tuchel yang dikatakan akan menggantikan Wenger. Tuchel sendiri akan menjadi pelatih ke-27 PSG sepanjang sejarah klub itu.

“Dengan penuh kebahagiaan, kebanggaan, dan ambisi, saya bergabung dengan klub sepakbola dunia yang luar biasa ini; Paris Saint-Germain. Saya menantikan kerja sama dengan semua pemain hebat ini, yang ada di antara yang terbaik di planet ini,” kata Tuchel dikutip dari Detik.

Namun tugas berat langsung menanti Tuchel yang diharapkan membawa PSG berjaya di kompetisi Eropa. Sesuatu yang didambakan oleh pemilik klub Nasser Al-Khelaifi itu dalam beberapa musim terakhir.

Ketika melatih Dortmund selama dua musim, Tuchel hanya memberikan satu gelar yaitu DFB Pokal. Jika dibandingkan, prestasi Unai Emery bersama PSG sebenarnya lebih mentereng dengan tujuh gelar selama dua musimnya menjadi pelatih “Les Parisien”.

Salah satu warisan tersebesar dari Emery adalah pemain termahal dunia yaitu Neymar yang berhasil didatangkannya pada musim lalu.

Main photo: fearthewall.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here