Tim nasional Inggris sukses membantai Islandia dengan skor 4-0 dalam laga terakhir Grup 2 UEFA Nations League. Sayangnya, laga itu hanya semacam laga formalitas karena Inggris sudah dipastikan tidak lolos ke babak berikutnya.

Jadi, laga ini semacam pelengkap saja kayak seledri di mangkok bakso. Soalnya tidak berpengaruh apapun karena poinnya terpaut jauh dari Belgia sampai lima poin.

Yang berpeluang sebenarnya Denmark. Namun di laga terakhir mereka dikalahkan Belgia sehingga cuma bisa di posisi kedua. Sedangkan Inggris ada di posisi ketiga.

Ya harap maklum. Klub-klub besar EPL juga sekarang banyak yang nongkrong di papan tengah. Jadi wajar kalau timnasnya juga di papan tengah.

Keempat gol di laga formlitas itu dicetak masing-masing oleh Mason Mount, Declan Rice, dan Phil Foden. Cuma Foden saja yang maruk sampai dua gol. Tidak perlu dibahas bagaimana golnya, namanya juga formalitas. Lumayan lah buat bikin puas.

Yang pasti, pelatih Gareth Southgate membeberkan alasan kenapa timnasnya kurang bagus performanya. Menurut “Gerbang Selatan” itu, para pemain timnas mendapat tekanan dari klub sehingga berada di situasi yang sulit. Ya memang alasan klasik. Selalu saja ribut soal ini.

“Mereka berada di bawah tekanan dari klub. Hal ini benar-benar terjadi. Entah kabar ini layak untuk publik atau tidak, tapi realitanya seperti itu,” katanya seperti dilansir ESPN, dikutip dari Republika.

Southgate tidak bisa berbuat banyak karena pemainnya berasal dari berbagai klub top Eropa yang juga menghadapi jadwal padat. Ia juga harus menerima keadaan ketika satu per satu pemainnya tumbang akibat cedera. 

Jordan Henderson, Raheem Sterling, Ben Chilwell, dan Trent Alexander-Arnold dikabarkan cedera ketika berseragam timnas Inggris. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here