Inggris secara susah payah menjalani laga kualifikasi EURO 2020 ketika bertemu dengan Kosovo, anak bawang yang lagi berkembang belakangan ini. Sempat mendapat perlawan sengit tim tamu, Inggris akhirnya mengunci kemenangan dengan skor 5-3 pada laga yang digelar di di St. Mary Stadium.

Apresiasi jelas perlu diberikan bagi kedua tim yang menyajikan pertandingan dengan banyak gol. Jadi tidak rugi yang datang nonton ke stadion karena mendapat banyak momen selebrasi.

Inggris menggila di babak pertama dengan mencetak lima gol. Luar biasa sekali mereka. Tapi melihat lawannya, rasanya wajar juga.

Sebab Kosovo ini hitungannya masih anak bawang di dunia sepak bola. Kalau di kampung-kampung negara +62, anak bawang seperti ini saat sedang main bola biasanya hanya jadi pemain pengganti saja dan kerjanya mengambil bola yang masuk ke rumah tetangga yang galak.

Sebab Kosovo yang memerdekakan diri di tahun 2008 lalu itu baru saja diterima dalam keanggotaan UEFA pada tahun 2016 lalu. Masih kecil sekali sepak bola mereka. Baru tiga tahun. Anak kecil saja paling baru belajar bicara. Disuruh ganti air galon belum bisa pasti.

Tapi jangan salah, Kosovo ini sempat memimpin klasemen Grup A setelah menang lawan Ceko. Hasil yang lumayan banget buat mereka. Meski akhirnya melorot ke posisi tiga gara-gara kekalahan ini.

Kalau Inggris sampai kalah mereka yang kebangetan. Meski demikian Kosovo bukan tanpa perlawanan. Melawan timnas Inggris yang bertabur bintang, mereka mampu memberikan perlawanan dengan mencetak tiga gol.

Padahal di antara lini pertahanan Inggris ada yang katanya pemain bertahan termahal sedunia. Tapi masih bisa saja kebobolan banyak. Kosovo yang jago atau beknya yang payah? Entah.

https://twitter.com/EPLBible/status/1171510220951973888?s=20

Pada jalannya laga tersebut, Inggris justru terlebih dahulu tertinggal dari tim tamu saat laga belum genap satu menit. Kesalahan operan Michael Keane langsung dimanfaatkan Velon Berisha untuk mencetak gol.

Tapi setelah tertinggal satu gol, “The Three Lions” mengaum. Langsung ngegas ngga pake ngerem mereka. Tanpa ada belas kasihan melawan tim ‘anak bawang’ Inggris mencetak lima gol balasan sebelum babak pertama usai.

Dimulai dari sundulan Raheem Sterling, Inggris berbalik unggul melalui gol Harry Kane. Suporter kembali bersorak macam penonton Dahsyat. Gol bunuh diri pemain Kosovo membuat Inggris semakin jauh unggul.

Pemain muda calon bintang masa depan Inggris, Jadon Sancho, mencetak dua gol di akhir babak pertama. Dua golnya tersebut memanfaatkan assist dari Sterling.  Skor babak pertama 5-1 untuk Inggris.

Tapi pada babak kedua Kosovo sempat menambah dua gol melalui gol kedua Berisha dan Vedat Muriqi. Sayang hingga laga usai, skor 5-3 tidak berubah untuk kemenangan tim tuan rumah.

Usai laga, Gareth Southgate menyoroti kesalahan yang dilakukan timnya dan berbuntut gol. “Saya rasa itu adalah sesuatu yang kami harus pertimbangkan untuk beberapa waktu, karena itu jelas kesalahan-kesalahan yang mengkhawatirkan, sungguh,” kata Southgate dikutip dari Detik.

https://twitter.com/PurelyFootball/status/1171407980828352514?s=20

Main photo: @skysportstattoo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here