Penyebaran virus Corona yang sudah memasuki Italia benar-benar mengacaukan seluruh jadwal pertandingan olahraga termasuk laga sepak bola. Pemerintah Italia pun mengambil langkah tegas dengan memutuskan semua pertandingan olahraga digelar tertutup.

Sejauh ini Italia menjadi negara ketiga dengan kasus Corona terbanyak di seluruh dunia. Tercatat 2.502 kasus ditemukan di Italia seperti catatan dari WHO yang dilansir Detik.

Situasi tersebut membuat sejumlah jadwal Serie A dan pertandingan olahraga lainnya menjadi kacau balau berantakan macam kamar kosan anak semester 11 yang belum lulus.

Banyak pertandingan yang ditunda karena darurat wabah Corona di Italia. Laga tersebut diulur-ulur terus macam sedang ngadu layangan dengan ditunda.

Baru-baru ini laga leg kedua semifinal Coppa Italia antara Juventus dan AC Milan serta Napoli kontra Inter Milan juga dinyatakan ditunda.

Hal ini jelas berdampak buruk pada jalannya kompetisi yang mengurangi sisi kompetitif atau bahkan menyulitkan klub karena menumpuknya jadwal pertandingan.

Pemerintah Italia akhirnya mengambil langkah tegas dengan membuat keputusan bahwa seluruh pertandingan olahraga akan tetap digelar, namun secara tertutup alias tanpa penonton.

Dijamin bakal sedikit krik-krik tentunya kalau bertanding tanpa penonton seperti itu. Tidak bisa pantun “ooy penonton” juga soalnya. Apalagi yang sedang bermain kandang. Jadi tidak ada bedanya.

Keputusan itu diumumkan Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte dan mencakup seluruh wilayah Italia, termasuk yang belum terdapat kasus virus corona.

“Tidak akan ada ajang olahraga dengan kehadiran publik demi mencegah peluang penularan lebih jauh. Ajang olahraga dan kompetisi dari semua jenis dan disiplin, digelar di seluruh tempat, baik publik dan privat, ditangguhkan,” ungkap pernyataan resmi pemerintah Italia dikutip dari Detik.

“Meski demikian, diizinkan untuk tetap menggelar ajang dan kompetisi tersebut secara tertutup, atau di luar ruangan tanpa kehadiran publik.”

Kondisi ini juga berimbas pada nasib para klub Serie A seperti Juventus yang mentas di Champions serta Inter Milan dan AS Roma di Liga Malam Jumat alias Europa League.

Main photo: @goal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here